Viral Pasangan Gagal Menikah Karena Minta Mahar Sertifikat Rumah: Memang Mahar yang Ideal Tuh Berapa Sih?

Viral Pasangan Gagal Menikah Karena Minta Mahar Sertifikat Rumah: Memang Mahar yang Ideal Tuh Berapa Sih?

Seorang wanita bernama Yessi, asal Karawang, mendadak viral karena dirinya meminta sertifikat rumah kepada calon suaminya sebagai mahar. Dirinya meminta mahar tersebut tepat h-2 sebelum pernikahan.

Yessi pun menjelaskan jika calon suaminya, Ryan Dono, memutuskan menikah dengan orang lain. Tetapi, fakta pun terungkap jika hal tersebut terjadi karena permintaan mahar Yessi yang terlalu besar.

Menurut agama Islam sendiri, mahar atau disebut maskawin  menjadi suatu bentuk ‘harta’ yang diberikan oleh laki-laki kepada perempuan sebelum menikah. Mahar ini sendiri biasanya dijadikan sebagai tanda pertanggungjawaban seorang laki-laki pada calon istrinya.

Viral seorang wanita bernama Yessi batal menikah setelah minta sertifikat rumah sebagai mahar (tribun news)

Dalam pernikahan, mahar sendiri bersifat wajib. Tetapi bentuk mahar ini tak ditentukan dalam bentuk apa. Biasanya, umat muslim memilih seperangkat alat salat sebagai mahar.

Meski tak termasuk dalam rukun menikah, namun mahar ini menjadi nilai penting bagi pihak wanita dan perempuan. Terutama, budaya ketimuran menganggap jika mahar adalah patokan seorang pria ketika menunjang kehidupan dengan sang istri.

Di dalam Al-Quran, mahar ini juga disebut dalam dalil surah An Nisa ayat 4, yang berarti, "Berikanlah mahar kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mahar itu dengan senang hati, maka makanlah (ambil) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya". (Q.S An Nisa ayat 4).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"