Viral, Lulusan UI Mengeluh karena Ditawari Gaji "Cuma" Rp8 Juta

Viral, Lulusan UI Mengeluh karena Ditawari Gaji "Cuma" Rp8 Juta

Baru-baru ini, netizen dibikin heboh lagi nih sama sebuah cuitan. Cuitan itu berasal dari akun Twitter @askmenfess berupa gambar tangkapan layar. 

Isinya tentu saja keluhan. Tapi kayaknya banyak orang dibikin berang sama tulisan yang terpampang di gambar tersebut.

Universitas Indonesia (schoters.com)

Yak, tulisan itu datang dari seorang lulusan Universitas Indonesia (UI). Orang itu mengeluhkan penawaran gaji sebesar Rp8 juta yang dianggap terlalu sedikit, alias ... (((KURANG)))!

Si "lulusan UI" ini mungkin lagi lelah deh kayaknya. Doi baru aja menjadi seorang pencari kerja yang baru lulus kuliah.

Singkat cerita, seperti dikutip dari Wolipop, orang itu menghadiri sebuah wawancara kerja. Kemudian dia curhat deh tentang penawaran gaji yang akan diberikan dari perusahaan kepadanya dalam sebuah InstaStory.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang," tulis orang yang tak disebutkan namanya itu.

(Twitter @askmenfess)

Masalah gaji emang problematis banget buat para pekerja. Tapi yang dianggap menjadi masalah dari cuitan itu adalah karena si penulis merasa bahwa penghasilan yang akan diterimanya itu terlalu murah. Apalagi, doi merasa kalo doi tuh fresh graduate lulusan salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

"Hello, meskipun gue fresh graduate, gue lulusan UI, pak! Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah sudah perusahaan luar negeri. Kalo lokal mah oke saja, asal harga cucok," tambahnya.

Netizen pun jadi heboh, malah banyak banget loh yang ikut menanggapi cuitan itu. Hingga kini, cuitan itu telah ditanggapi dengan lebih dari 3.500-an retweet dan 5.800-an like. Termasuk lebih dari 12 ribu komentar.

Kampus UI emang bergengsi sih ... (sindonews.com)

Beberapa komentar di antaranya adalah respons kesal dari para netizen yang tentu saja KZL bat sama tulisan itu. Beberapa orang menilai kalo orang itu terlalu congkak karena mengeluhkan penawaran gaji yang fantastis juga buat sebagian orang.

Netizen pun merasa penulis nggak punya sikap yang baik meski datang dari universitas ternama.

"Kelewat bangga sama almamater? Liat saja kuat sampai kapan (kalau) nggak mau terima standar segitu sebagai fresh graduate. Almamater tanpa skill = omong kosong. Buat yang minder karena (datang dari) universitas biasa, percaya sama gue kalau skill kuat, lo bisa ngalahin yang macam gini," tulis salah satu netizen di kolom komentar.

Gara-gara cuitan itu, netizen jadi gerah deh (youthmanual.com)

"Bagus bagus fresh graduate dapet di atas 3 juta. Lulusan UI sih lulusan UI, tapi otaknya kagak lulus," tulis netizen lainnya.

Standar gaji fresh graduate di Indonesia memang beragam. Itu juga kan tergantung dari profesi, pengalaman, perusahaan hingga beban pekerjaan.

Yaudah sih, diterima kerja aja dulu lah (carousell.com)

Tapi biasanya, gaji yang diberikan untuk fresh graduate tanpa pengalaman yang signifikan ada di kisaran Upah Minimum Provinsi (UMP) di masing-masing daerah.

Dalam hal ini, UMP di DKI Jakarta sendiri berkisar di angka Rp3,9 juta.

Sekarang, gimana tanggepan kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"