Viral Istilah Culametan, Ketahui Juga Istilah Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda

Viral Istilah Culametan, Ketahui Juga Istilah Sifat Buruk Manusia dalam Bahasa Sunda

Siapa yang setiap hari di internet tapi nggak pernah denger viral culametan? Pasti mustahil. Istilah yang ngetrend karena aplikasi berbagi video ini terdengar kocak ditelinga kebayakan orang.

Tetapi bagi yang nggak paham bahasa Sunda, mungkin nggak tahu kalau istilah culametan itu menunjukan sifat buruk manusia. Orang yang culametan itu artinya suka minta makanan sama orang lain.

Nah ternyata di dalam bahasa Sunda juga masih ada beberapa istilah lain yang menggambarkan sifat buruk manusia. Mau tau apa saja istilah tersebut gengs, kali aja salah satu di bawah ini gantian jadi viral.

1. Cologog

1. Cologog Istilah untuk sifat buruk manusia dalam bahasa Sunda (merriam-webster.com)

Cologog adalah untuk orang yang kerap melakukan tindakan yang tidak sopan meskipun dengan orang yang sudah sangat akrab. Semisal dia kerap masuk ke rumah saudaranya dan mengambil barang meski tidak untuk niatan jahat.

Walaupun merasa sudah saling mengenali satu sama lain, namun kita haruslah selalu meminta izin ketika mengambil dan memasuki rumah orang lain.

2. Balaga

2. Balaga Istilah untuk sifat buruk manusia dalam bahasa Sunda (recruiter.com)

Wajar jika seseorang, semisal temanmu, memiliki keunggulan di satu bidang. Semisal mata pelajaran a atau b. Tetapi dia menjadi banyak gaya karena hal itu, maka oleh orang Sunda dia layak disebut dengan balaga. 

Lebih mudahnya, arti balaga adalah banyak gaya karena merasa memiliki suatu hal yang lebih daripada orang lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"