Viral! Fenomena Langka Sebuah Desa di Sragen Ini "Pindah" ke Ngawi, Kok Bisa?

Viral! Fenomena Langka Sebuah Desa di Sragen Ini "Pindah" ke Ngawi, Kok Bisa?

Sesuatu yang menapak di tanah umumnya akan tetap di situ dan gak bisa berpindah. Kecuali dipindahkan oleh alam atau direkayasa oleh manusia. Contohnya ibu kota yang mau "pindah" ke Kalimantan.

Nah, kamu perlu tau nih kalo ternyata ada sebuah desa yang bisa "pindah". Hal ini benar-benar terjadi di sebuah desa di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Desa itu beneran "pindah" ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Sebuah desa "pindah" dari Jawa Tengah ke Jawa Timur (merdeka.com)

Hal ini tergolong fenomena langka yang menimpa 14 pemukiman warga Dukuh Dadok, Desa Glonggong, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Dulunya, lokasi desa itu dilanda sebuah banjir besar. Makanya, desa itu bisa bergeser secara alami.

Menurut asal-usul yang dijelaskan di YouTube Rizqy Berkah Channel, ratusan tahun lalu lokasi itu dibatasi oleh sebuah sungai besar. Sungai itu adalah Sungai Sawur. Konon, sungai mengalir aliran dengan bentuk pola huruf S.

Saat bencana alam melanda, pola huruf S tadi berubah menjadi lurus. Akibatnya, belasan rumah warga di Dukuh Dadok yang berada di sebelah barat sungai berpindah ke wilayah timur. Wilayah itu masuk Desa Tambakboyo, Mantingan, Jawa Timur.

Sementara garis aliran sungainya telah berubah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"