Valentine Hari Apa? Kisah Mengerikan Di Balik Hari Kasih Sayang

Valentine Hari Apa? Kisah Mengerikan Di Balik Hari Kasih Sayang

Valentine hari apa? Apa benar kalau valentine itu hari kasih sayang? Kamu udah tahu belum gengs sejarah sampek ada hari valentine?

Valentine Hari Apa?

Hari Valentine adalah waktu untuk merayakan romansa, cinta, dan kesetiaan. Tapi asal usul festival Valentine hari apa ini sebenarnya gelap dan berdarah.

Ada kisah mengerikan dibalik perayaan hari kasih sayang ini. Lalu Valentine hari apa?

Sejarah kelam valentine (history.com)

Dari tanggal 13 hingga 15 Februari, orang-orang Romawi merayakan pesta Lupercalia. Para lelaki mengorbankan seekor kambing dan seekor anjing, lalu mencambuk para wanita dengan kulit binatang yang baru saja mereka bunuh.

Entahlah gimana ceritanya, melakukan itu dipercaya membuat wanita itu menjadi subur.

Wanita-wanita itu juga jadi hadian perjudian. Nama mereka dimasukkan ke dalam toples dan harus melayani laki-laki yang mengambil namanya.

Wah, ngeri juga ya sejarahnya. Lalu valentine hari apa? apakah ada hubungannya dengan sejarah yang kelam begini.

Paus Gelasius diduga mencela festival yang aneh dan tidak pantas tersebut. Namun, tidak ada bukti bahwa paus sengaja menggantikan Lupercalia dengan kultus dari Santo Valentine yang mati.

Cerita soal Santo Valentine, menjawab pertanyaan valentine hari apa.

Menurut legenda abad pertengahan seorang imam Romawi bernama Valentinus ditangkap pada masa pemerintahan Kaisar Gothicus dan dimasukkan ke dalam tahanan seorang aristokrat bernama Asterius.

Asterius membuat kesalahan dengan membiarkan pendeta itu bicara. Pastor Valentinus terus berbicara tentang Kristus yang memimpin orang-orang kafir keluar dari bayang-bayang kegelapan dan menuju terang kebenaran dan keselamatan.

Kisah St. Valentine (brockbuilt.com)

Asterius melakukan tawar-menawar dengan Valentinus. Jika orang Kristen itu dapat menyembuhkan putri kandung Asterius yang buta, dia akan pindah agama. Valentinus meletakkan tangannya di atas mata gadis itu dan meneriakkan:

"Tuhan Yesus Kristus, meringankan pelayanmu, karena kamu adalah Tuhan, Cahaya Sejati."

Gadis itu bisa melihat. Asterius dan seluruh keluarganya dibaptis. Sayangnya, ketika Kaisar Gothicus mendengar berita itu, ia memerintahkan mereka semua untuk dieksekusi. Tapi hanya Valentinus yang dipenggal.

Legenda lain, Valentine hari apa. St. Valentine abad ketiga adalah seorang uskup Terni di provinsi Umbria, Italia.

Menurut legenda uskup Terni masuk ke dalam situasi seperti Valentinus dalam cerita lainnya. Dia menyembuhkan putra seorang bangsawan hingga sembuh.

Kisah selanjutnya juga sangat mirip. Dia juga dipenggal atas perintah Kaisar Gothicus dan tubuhnya dimakamkan di sepanjang Via Flaminia.

Sepertinya, sebenarnya tidak ada dua Valentines yang dipenggal, tetapi dua versi legenda santo yang berbeda muncul di Roma dan Terni.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"