Ustad Abdul Somad Sebut Facebook Haram, Cek Kebenarannya.

Ustad Abdul Somad Sebut Facebook Haram, Cek Kebenarannya.
Tangkapan Layar : turnbackhoax.id

Baru-baru ini beredar unggahan di Facebook dari sebuah akun Rohman Abdul (fb.com/rbedhul) yang berisi tentang Ustad Abdul Somad yang mengharamkan Facebook, berikut isi lengkapnya :

Bong ceboooong…. HARAAAAAAAM BOOOOONG…. PAHAM KAGAK ELOH BONG….”

Gambar tersebut berisi foto Ustad Abdul Somad dan narasi “FACEBOOK HARAM”, “Karena dibuat oleh kafir untuk merusak iman Islam menulis status di wall menyerupai tembok ratapan kaum Yahudi.” Pada unggahan itu juga terdapat tanda tangan dengan nama UAS dan sebuah hadist.

Setelah ditelusuri kebenarannya, klaim bahwa Ustaz Abdul Somad menyatakan bahwa Facebook haram karena menulis status di beranda itu menyerupai tembok ratapan kaum Yahudi adalah tidak benar atau bisa disebut hoax.

Ternyata gambar dalam postingan tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa dan jauh dari aslinya. Gambar aslinya berisi imbauan Ustaz Abdul Somad untuk tidak merayakan malam tahun baru 2019.

Dikutip dari Tribun Pekanbaru, postingan berupa teaser itu, diupload oleh admin yang mengelola facebook dan instagram Ustaz Abdul Somad pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 lalu.

Ustaz Abdul Somad mengingatkan generasi muda muslim agar tidak ikut-ikutan merayakan malam Tahun Baru 2019 dengan berhura-hura seperti keluyuran naik sepeda motor bermai-ramai, apalagi sampai mabuk-mabukan.

Dalam postingan yang menggunakan bahasa Melayu Riau itu, Abdul Somad mengingatkan lebih baik mengisi malam tahun baru dengan ikut acara zikir atau jika tidak ada, lebih baik tidur.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"