Unsur-Unsur Komunikasi, Ketahui Hal Ini Jika Ingin Menjadi Pembicara yang Baik

Unsur-Unsur Komunikasi, Ketahui Hal Ini Jika Ingin Menjadi Pembicara yang Baik

Jika kalian ingin didengar oleh orang dengan baik dan jelas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan memahami unsur-unsur komunikasi. Kalian harus mengerti apa saja yang ada ketika dua atau lebih orang melakukan kegiatan berkomunikasi.

Komponen komunikasi ini mutlak adanya. Karena jika salah satu tidak terpenuhi maka kemungkinan upaya komunikasi yang ingin atau sedang dilakukan bisa gagal. Lantas, apa aja sih unsur-unsur komunikasi tersebut? Yuk, simak daftar di bawah ini.

Berbicara dengan orang (thejaggedworddotcom.wordpress.com)

1. Pesan atau Informasi

Unsur paling dasar dari komunikasi adalah adanya pesan atau informasi yang ingin disampaikan (message). Katakanlah kalian ingin ngomong tapi nggak ada yang diomongin, ya nggak jadi ngomong kan.

Pesan atau informasi bisa berupa-rupa bentuknya. Mulai dari ucapan, kata-kata, tulisan, gambaran, atau sebuah perantara lainnya. Bahkan perasaan pun bisa dikomunikasikan lho.

2. Komunikator

Komunikator adalah istilah untuk pihak yang mengirimkan pesan atau informasi dalam proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang berinisiatif untuk membicarakan sesuatu.

Komunikator yang baik adalah komunikaor yang tidak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja. Akan tetapi, ia juga memberikan sebuah respons atau tanggapan dan menjawab dari proses komunikasi yang sedang berlangsung. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

3. Sarana Komunikasi

Sarana komunikasi adalah tempat untuk membagikan pesan atau informasi. Sarana biasa disebut dengan media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam sebuah proses komunikasi. Pemilihan sarana atau media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"