Unik! Dilarang Didatangi pada Hari Jumat dan Sabtu, Inilah 7 Fakta Kampung Albino di Garut

Unik! Dilarang Didatangi pada Hari Jumat dan Sabtu, Inilah 7 Fakta Kampung Albino di Garut

Ternyata di Indonesia, tepatnya Kabupaten Garut, Jawa Barat menyimpan sebuah kisah yang unik. Di tanah Sunda tersebut diketahui terdapat sebuah kampung dengan kondisi masyarakatnya yang cukup berbeda dari biasanya alias unik.

Sebagian warga di Kampung Ciburuy tersebut memiliki kulit yang seluruhnya putih alias disebut dengan albino. Berdasarkan keterangan warga setempat, hal itu terjadi lantaran beberapa warga tersebut memang merupakan keturunan Belanda atau "generasi Walanda".

1. Sejak Zaman Kerajaan Padjajaran

Menurut cerita dari masyarakat sekitar, kampung tersebut duhulunya memang sempat menjadi tempat tinggal bagi warga Belanda yang tengah melakukan invasi ke Indonesia.

Kampung ini pun diketahui telah ada sejak zaman kerajaan Padjajaran yakni beberapa abad yang lalu.

"Saya tidak tahu bagaimana asal muasalnya. Yang jelas, warga di kampung ini dulunya satu keturunan. Makanya, sampai sekarang keturunan albino di sini masih ada," ungkap Ujang Nana Suryana selaku pemangku adat di Kabuyutan Ciburuy.

2. Sebagian Besar Keturunan Belanda

Kampung Ciburuy memang dikenal luas oleh masyarakat Jawa Barat sebagai Kampung Bule. Hal ini terjadi lantaran sebagian warga memang memiliki warisan gen dari nenek moyang yang merupakan Belanda.

Maka dari itu, sebagian warga yang memiliki wujud albino bukanlah hal yang mengagetkan. Pasalnya, mereka memang merupakan keturunan Belanda dari nenek moyang.

Kampung Albino di Ciburuy, Garut (JawaPos.com)

3. Sebagian Berkulit Albino

Tidak semua warga masyarakat di kampung Ciburuy tersebut memiliki warna kulit putih layaknya albino. Hanya beberapa warga saja yang mengalami hal ini.

Menurut keterangan Nana, ia pun tidak mengetahui secara persis nenek moyang yang memiliki gen albino.

"Tidak jelas eyang atau buyut saya ke berapa yang seperti itu. Cuma yang saya tahu ini disebut masalah gen," terangnya sambil memperkenalkan dua anaknya yang memiliki kulit albino.

4. 9 Orang Albino

Meski tidak semua berkulit albino, namun warga yang memiliki kulit putih ini tersebar dari usia anak-anak hingga manula. Total warga yang memiliki kulit albino di Kampung Ciburuy yakni 9 orang.

Yang berusia paling muda adalah Ujang, 2,5 tahun. Sementara itu, warga yang paling tua adalah Emak Entar yang berusia 60 tahun. Yang lain di antaranya adalah Lukman Hakim (3), Dewi Resaman (13), Heri Agustin (15), Rosana (17), Firman (40), Isur Suryana (41), dan Asep (50).

5. Pertanda Khusus Sebelum Melahirkan

Berdasarkan pengakuan Siti, Istri Nana, sebelum melahirkan ketiga anaknya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat mendapatkan pertanda khusus. Pertanda tersebut yakni berupa bulan yang bersinar sangat terang.

Saat itu pula, dirinya pun yakni akan melahirkan keturunan albino.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"