Unik, Begini Cara Pemerintah China Cegah Korupsi Para Pejabat dan Keluarganya

Unik, Begini Cara Pemerintah China Cegah Korupsi Para Pejabat dan Keluarganya

Banyak cara dilakukan oleh Pemerintah di sebuah negara untuk mencegah pejabatnya korupsi. Di China Presiden Xin Ji Ping memiliki cara untuk membuat para pejabatnya untuk menangkal korupsi. Beberapa langkah dilakukannya, termasuk cara unik untuk pemerintah setempat.

Pemerintah China misalnya meminta para pejabat bersama istri serta anaknya untuk mendatangi penjara khusus koruptor di China. Di penjara itu banyak nasib koruptor yang yang hidup kurus kering, hidup sengsara, hingga penantian menunggu eksekusi mati.

Hal itu dilakukan agar para pejabat dan keluarganya tidak berani untuk melakukan korupsi karena bila mereka sesekali melakukannya, akan mendapatkan hukuman yang setimpal. 

Penjara Khusus Koruptor di China (Grid.ID)

Beberapa peraturan lain juga dicetuskan pemerintah China bagi pejabat. Misalnya Pejabat China dilarang membeli kue Imlek pakai uang negara. 

Tradisi tahun baru China atau Imlek identik dengan berbagi kue. "Pemerintah wajib mengambil sebuah revolusi demi mengakhiri penggunaan uang rakyat," jelas Xin Ji Ping dilansir dari Merdeka.com.

Selain itu, pejabat atau keluarga pejabat di China yang saat meninggal, dilarang untuk membuat pemakaman yang mewah, untuk menghemat keuangan dan mencegah adanya hal mubazir, seperti korupsi dan bermewah-mewahan.

Presiden Xin Ji Ping (Times Indonesia)

Saat acara duka tersebut, para pelayat juga dilarang memberikan uang duka kepada keluarga pejabat  karena bisa memicu adanya praktik suap yang diduga terselubung kepada keluarga pejabat.

Semua pejabat di China termasuk anggota partai di sana diwajibkan membuat contoh kesederhanaan dalam pemakaman, misalnya melakukan kremasi untuk menghindari biaya beli nisan yang besar.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"