Unik Banget! Ini 3 Daerah dengan Tradisi Perempuan Melamar Pria di Indonesia

Unik Banget! Ini 3 Daerah dengan Tradisi Perempuan Melamar Pria di Indonesia

Jika umumnya urusan meminang dilakukan oleh pihak laki-laki, namun di beberapa tempat di Indonesia justru ada tradisi perempuan melamar pria. Tradisi yang sudah lama dikenal ini memang cukup unik.

Namun jangan salah sangka, meski dalam hal ini perempuan yang melakukan lamaran, namun tradisi ini tidak bermaksud merendahkan perempuan. Justru tradisi perempuan melamar pria ini syarat akan makna dan kebaikan.

Lantas, daerah mana saja di Indonesia yang memiliki tradisi perempuan melamar pria? Seperti apa pula adat istiadat yang mereka jalani di daerah tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Lamongan

1. Lamongan Tradisi Perempuan Melamar Pria (via Boombastis)

Daerah pertama di Indonesia yang memiliki tradisi perempuan melamar pria adalah Lamongan, Jawa Timur. Di kota ini, keluarga perempuan yang lebih dulu menyatakan lamaran dan membawa seserahan seperti lamaran pada umumnya.

Menurut sejarah, awal mula tradisi ini terjadi karena putra kembar dari Tumenggung Lamongan konon dilamar oleh dua orang putri kembar yang berasal dari Kerajaan Kediri. Lamaran pun dilakukan seperti acara lamaran pada umumnya dengan pihak perempuan mendatangi rumah pihak lelaki dan memberikan seserahan untuk meminangnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"