Tumbuhan Langka Khas Indonesia, Terancam Punah!

Tumbuhan Langka Khas Indonesia, Terancam Punah!

Tentunya kita tahu bahwa negara kita Indonesia adalah negara yang disebut salah satu paru-paru dunia, dan ada banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup di negara kita.

Beberapa diantaranya sudah mengalami kepunahan dan ada juga yang sedang diambang kepunahan, dan kali ini saatnya kita mengenal beberapa flora yang statusnya sudah terancam punah akibat perusakan alam dan ulah manusia.

Kira-kira apa saja jenis tanaman tersebut yuk kita bahas tumbuhan langka khas Indonesia yang sudah terancam punah.

1. Pohon Ulin (Eusideroxylon Zwageri)

1. Pohon Ulin (Eusideroxylon Zwageri) Potret pohon Ulin (infoblora.com)

Tumbuhan langka khas Indonesia yang pertama adalah pohon ulin yang berasal dari Borneo Kalimantan, dan konon pohon ini memiliki struktur batang yang kuat.

Nampaknya karena bahannya yang baik maka pohon ulin banyak ditebang dan dimanfaatkan kayunya guna kepentingan bangunan seperti rumah, jembatan dan kapal, agar tetap lestari mari galakan pembibitan dan reboisasi pohon ulin.

2. Pohon Cendana (Santalum Album)

2. Pohon Cendana (Santalum Album) Potret pohon Cendana (kumau.info)

Salah satu tumbuhan langka khas Indonesia yang selanjutnya ialah pohon cedana yang memiliki aroma yang khas, dan umumnya cendana sering dijadikan parfum, rempah-rempah dan juga obat herbal.

Cendana yang menjadi inspirasi presiden kedua Indonesia ini termasuk tumbuhan yang langka loh.

Pasalnya kecambah cendana adalah tumbuhan parasit yang membutuhkan inang agar bisa hidup, belum lagi karena kepopulerannya sehingga banyak dicari orang.

3. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis Javanica)

3. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis Javanica) Bunga Edelweiss bunga keabadian (busy.org)

Bunga edelweis jawa adalah tumbuhan langka khas Indonesia yang gak busuk meski dipetik. Bunga indah ini dulunya banyak bermekaran hampir diseluruh pegunungan Jawa, seperti Gede, Pangrango dan Papandayan.

Namun seiring dengan banyaknya minat akan bunga ini terjadi ekploitasi besar-besaran dan menyebabkan pohonnya semakin sedikit dan kini menjadi berstatus langka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"