Tradisi-tradisi Pemakaman Unik yang Cuma ada di Indonesia

Tradisi-tradisi Pemakaman Unik yang Cuma ada di Indonesia

Kebanyakan prosesi pemakaman  di Indonesia terjadi dengan proses jenazah dimakamkan di dalam liang lahat atau kubur di dalam tanah. Namun masih ada beberapa tradisi pemakaman unik yang sudah dilakukan secara turun-temurun sejak dulu sampai sekarang.

Proses pemakaman tersebut dilakukan sebagai bentuk usaha untuk melestarikan budaya di daerah tersebut. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang ke daerah itu ketika ada proses pemakaman berlangsung. Berikut adalah beberapa tradisi pemakaman unik di Indonesia.

1. Batu Lemo

Pemakaman batu lemo terdapat di Toraja, Sulawesi Selatan. Pemakaman ini unik karena peti mati tidak dikubur melainkan disimpan di dalam lubang di tebing batu di sebuah bukit yang tinggi. 

Biasanya dalam satu lubang tebing batu diisi oleh banyak jenazah dalam satu keluarga. Suku Toraja mempercayai jenazah yang dikuburkan di tebing tinggi maka arwah akan semakin dekat dengan Tuhan. 

Pekaman Unik Batu Lemo (iNews)

2. Passiliran Kambira

Masih dari Toraja, pemakaman ini adalah memakamkan jenazah bayi. Caranya jenazah bayi yang berukuran kecil akan dimasukan ke dalam lubang pohon tarra dengan posisi meringkuk. Posisi ini mirip dengan kondisi bayi saat masih dalam kandungan.

Pohon tarra dilubangi sesuai arah rumah bayi lalu ditutup dengan ijuk. Pohon tarra dipilih sebagai tempat pemakaman karena memiliki getah warna putih yang menyerupai susu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"