Tradisi Perayaan Natal Di Indonesia, Apa Aja? Intip Yuk!

Tradisi Perayaan Natal Di Indonesia, Apa Aja? Intip Yuk!

Tinggal menghitung hari nih, perayaan hari raya natal dan tahun baru akan segera tiba. Pada tanggal 25 Desember umat Kristen akan memperingati hari kelahiran Yesus Kristus itu. 

Tentu saja, hari raya Natal ini akan disambut dengan antusias, dari anak-anak bahkan hingga orang tua. Berbagai persiapan, tentunya dilakukan untuk menyambut hari raya ini. Misal saja seperti bersih-bersih rumah, mempersiapkan jajanan hingga membuat pohon natal, yang biasanya dijadikan icon pada saat hari raya natal.

Hari Raya Natal (cdn2.tstatic.net)

Hari raya Natal sendiri tak hanya identik dengan pohon natal, tetapi ada juga perayaan tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia, membuat tradisi perayaan Natal 2018 di berbagai daerah, dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Lalu apa saja sih, tradisi Natal di berbagai daerah di Indonesia? Yuk, langsung saja kita simak, dilansir dari Tribunnews.com.

1. Tradisi Kunci Taon di Manado

1. Tradisi Kunci Taon di Manado Tradisi kunci taon (finansialku.com)

Tradisi Kunci Taon yang ada di Manado ini, merupakan pawai keliling kampung dengan berbagai kostum lucu, kegiatan ini biasanya diadakan pada minggu pertama bulan Januari.

Pada pawai ini juga, akan terdapat Sinterklas yang akan membagikan hadiah kepada anak-anak. Waah..seru yak.

Tradisi ini merupakan acara penutupan dari rangkaian perayaan Natal yang deselenggarakan sejak 1 Desember.

2. Lovely December di Toraja

2. Lovely December di Toraja Tradisi lovely december (finansialku.com)

Awal Tradisi ini dimulai, pada tahun lalu Pemkab Toraja mengadakan sebuah festival budaya dan pariwisata yang bertajuk "Lovely December".

Dimana festival ini dimulai sejak awal bulan Desember sampai malam puncak pada 26 Desember. Kegiatan dalam acara ini yakni arak-arakan atau biasa disebut lettoan.

Pada acara tersebut juga, kalian akan disuguhkan aneka festival dengan bertemakan budaya, seperti pameran kuliner dan kerajinan daerah. Serta akan ada perlombaan rakit tradisional dan pagelaran kerajinan bambu.

Akan menjadi, acara yang meriah nih gengs.

3. Gereja Penjor di Bali

3. Gereja Penjor di Bali Tradisi Gereja Penjor (finansialku.com)

Pada tradisi ini, gereja-gereja yang ada di Bali, akan dihiasi dengan penjor saat Hari Natal. Penjor sendiri merupakan bambu yang dihiasi janur, ornamen khas Bali. Tidak berhenti disitu saja, saat hari Natal berlangsung, seluruh umat kristiani Bali akan mengenakan pakaian adat Bali juga lhoo 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"