Tips Sukses Wawancara Kerja Buat Kamu yang Introvert dan Pemalu

Tips Sukses Wawancara Kerja Buat Kamu yang Introvert dan Pemalu

Mau apapun tipe kepribadian kita, setiap orang butuh pekerjaan biar dapat uang. Orang introvert dan pemalu juga butuh uang buat menjalani hidup dengan baik. Kalau kamu belum menemukan pekerjaan yang sesuai dan ingin melamar pekerjaan di kantor, artinya kamu harus melalui sesi wawancara.

Kamu yang gak biasa bicara dengan orang asing dan mengalami sesi wawancara bisa jadi sangat gugup. Lutut yang gemetar dan tangan berkeringat bisa jadi tak terhindarkan.

Bisa jadi buat kamu yang susah banget menjelaskan isi kepala kepada orang lain, sesi wawancara adalah peristiwa besar yang membutuhkan banyak energy dan kesiapan. Butuh persiapan matang agar semua berjalan dengan lancar dan kamu bisa menjawab pertanyaan dengan tepat.

Terutama pertanyaan “Ceritakan tentang dirimu.”

Dikutip dari introvertdear.com, berikut ini tips wawancara buat kamu yang introvert.

1. Terus Berlatih Selagi Masih Ada Waktu

1. Terus Berlatih Selagi Masih Ada Waktu Berlatih dengan teman atau keluarga (myenglishlanguage.com)

Kamu bisa mencari tahu pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan ketika interview. Buat list pertanyaan dan persiapa jawaban yang bagus. Selain pertanyaan umum kamu juga harus bikin list pertanyaan seputar pekerjaan yang kamu lamar dan informasi perusahaan.

Berlatihlah di depan kaca atau dengan teman yang kau percaya. Bila perlu bawa catatan pertanyaan dan jawaban itu ke manapun kamu pergi. Supaya kamu benar-benar siap saat hari H.

Berlatih dengan seorang teman atau orang tua menjadi penting karena dalam wawancara kerja terjadi percakapan yang natural. Jangan menjawab dengan kalimat yang terkesan membaca teks. Lagipula, berlatih dengan partner membuat kalian bisa lebih luwes mengembangkan percakapan. Karena kamu gak tahu pertanyaan dan respon apa aja yang akan dikatakan pewawancara.

2. Kesan Pertama yang Bagus

2. Kesan Pertama yang Bagus Berpenampilan yang meyakinkan (flexjobs.com)

Siapkan pakaian yang nyaman dan cocok dengan tipe perusahaan. Pakaian yang nyaman juga akan membantumu menjadi lebih nyaman serta percaya diri. Baik pakaian yang formal denan blazer atau casual dengan suit jaket.

Tampilkan bahwa kamu orang yang percaya diri. Duduklah dengan tegak dan menjaga kontak mata ketika kamu berbicara. Lakukan hal ini selama sesi wawancara berlangsung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"