Tips Ngerawat Koleksi Sneakers Biar Awet Terus Sampai Tua

Tips Ngerawat Koleksi Sneakers Biar Awet Terus Sampai Tua

Saat ini sneakers bukan cuma dianggap sebagai alas kaki biasa, tapi jadi barang koleksi. Nah, kalau kebetulan kamu punya sneakers yang jumlahnya lumayan banyak, jangan lupa untuk selalu dirawat biar panjang umur, awet, dan nggak cepat rusak.

Kalau punya barang langka, bisa jadi investasi juga lho karena harganya masih atau jadi lebih mahal waktu dijual. Sneakers biasa pun kalau kondisinya masih terawat banyak lho peminatnya di situs-situs jual beli barang bekas.

Biar koleksi sneakers kamu tetap bagus, ikutin deh cara-cara merawatnya. Gampang kok!

Sneakers Balenciaga (designer-vintage.com)

Jangan dibiarkan kotor

Bukan, maksudnya bukan sepatu kamu enggak boleh dipakai biar nggak kotor kok. Maksudnya, kalau sepatu jadi kotor setelah kamu pakai, jangan biarkan kotorannya menempel lama-lama. Segera bersihkan sebelum sepatu disimpan. Kebiasaan ini akan bikin sepatu selalu bersih dan kondisinya bakalan kayak baru terus. 

Jangan dibiarkan basah

Kalau abis kehujanan atau nggak sengaja basah, segera keringkan. Pastinya kalau ada yang kotor atau bau jangan lupa dibersihin dulu ya. Nah, abis itu tinggal keringkan sepatu deh di bawah sinar matahari biar keringnya sempurna. Kalau udah malam atau musim hujan, kamu bisa angin-anginkan aja sampai beneran kering.

Koleksi Nike (hypebeast.com)

Jangan tumpuk sepatu

Buat yang koleksinya lumayan banyak, perhatikan cara kamu menyimpan sepatu. Jangan asal tumpuk karena kebiasaan ini yang bisa bikin sepatu jadi kotor. Sebaiknya, buat sepatu yang jarang dipakai, kamu masukin lagi ke box. Kalau sepatu sehari-hari, selalu taruh di rak sepatu ya! 

Beli perlengkapan perawatan sneakers

Sebenarnya merawat sneakers itu nggak susah, tapi kamu harus modal perlengkapannya, kayak sikat, sabun khusus sepatu, dan juga spray yang bisa bikin sepatu kamu tahan air. Kalau udah punya bahan-bahannya, kamu jadi bisa merawat sneakers sendiri secara rutin di rumah.

Sneakers Louis Vuitton (footwearnews.com)

Bawa ke laundry sneakers

Kalau lagi males banget nyuci dan merawat sepatu, paling sederhana sih bawa aja ke tempat laundry khusus sneakers ya! Please banget buat nggak nyuci sepatu di laundry kiloan yang memang buat baju. Soalnya, salah-salah, sepatu kamu malah jadi rusak.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"