Tips Mudah Menerapkan Gaya Hidup Go Green, Mulai Lakukan yuk!

Tips Mudah Menerapkan Gaya Hidup Go Green, Mulai Lakukan yuk!

Sebelum menerapkan gaya hidup Go Green kamu perlu tahu apa itu artinya. Sederhananya, Go Green adalah gerakan yang dilakukan untuk peduli lingkungan. Sering juga disebut dengan gerakan kembali ke alam yang bisa menumbuhkan kesadaran lingkungan. Tujuannya paling utama adalah menjaga agar lingkungan dan alam tetap bisa jadi tempat hunian manusia yang sehat. Gerakan Go Green mempunyai simbol 4R, yaitu reduce, reuse, recycle, dan replace. Tips mudah menerapkan gaya hidup Go Green juga tercermin dalam simbolnya tersebut. 

Mengurangi atau reduce adalah satu usaha untuk mengurangi pemakaian barang kebutuhan. Misalnya dengan memakai botol isi ulang dibanding membeli botol kemasan. Soalnya, kemasan botol air yang dibeli juga pada akhirnya dibuang dan menambah tumpukan sampah. Mengurangi dalam artian tersebut adalah mengurangi pemakaian barang yang bisa bikin sampah semakin menumpuk. Ditambah lagi sampah plastik yang membutuhkan puluhan tahun untuk terurai. Solusinya adalah dengan reuse atau memakai kembali. Barang-barang yang bisa dipakai kembali direkomendasikan untuk dipakai. 

Go green (buzztime.com)

Recycle atau mendaur ulang telah dilakukan beberapa komunitas atau kelompok non pemerintahan. Barang yang sudah nggak dipakai dari berbagai bahan, misalnya plastik, kain, besi didaur ulang menjadi barang yang bernilai. Ini dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah. Yang terakhir disarankan mengganti atau replace barang-barang yang bisa merusak lingkungan. Barang yang direkomendasikan berbahan mudah terurai. Tips mudah menerapkan gaya hidup Go Green yang begini yang bisa kamu lakukan di rumah, kantor dan tempat lain. 

1. Kurangi pemakaian AC

Mengurangi pemakaian AC bisa dengan menyalakan timer. Jika kamu biasa memakai AC saat tidur, maka set timer untuk mematikan AC pada pukul 4 pagi. Pada jam itu, suhu luar ruangan dingin dan mempengaruhi suhu ruangan. Cara ini bisa diterapkan dengan mudah kan?

Matiin lampu (thejakartapost.com)

2. Tidur dengan lampu mati

Tidur dengan lampu mati bisa menghemat energi listrik. Tips mudah menerapkan gaya hidup Go Green ini juga menguntungkan buat peremajaan kulit. Kalo kamu belum terbiasa dengan tidur tanpa cahaya lampu, kamu bisa memakai lampu dengan cahaya lebih redup.

3. Matikan lampu saat cahaya matahari terang

Ini sering banget terabaikan. Meskipun ini terkesan sepele, tapi mulai dari hal kecil untuk mengikuti gaya hidup Go Green. Bayangin deh, sumber daya alam yang dijadikan sumber energi listrik itu tak terbarui. Jadi, menghemat adalah satu-satunya cara untuk menjaga simpanan sumber daya alam. 

5. Naik transportasi umum

Semakin banyak kendaraan, maka polusi udara semakin tinggi. Untuk mengurangi polusi udara, maka kenakan transportasi umum. Jika harus mengenakan kendaraan pribadi, seperti mobil sebisa mungkin ajak beberapa orang terdekat untuk semobil aja. Kan lumayan buat mengurangi polusi dan kemacetan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"