Tips Menyimpan Makanan Dalam Kulkas Biar Gak Cepat Basi

Tips Menyimpan Makanan Dalam Kulkas Biar Gak Cepat Basi

Kulkas bagaikan penjaga dan penyelamat bahan makanan dari kebusukan. Makanan yang disimpan di dalam kulkas bisa tahan lama dan lebih segar. Tapi cara  penyimpanannya juga harus diperhatikan ya. Tidak boleh asal masukin kulkas aja. Bukannya tahan lama nanti malah bau, cepat rusak dan bikin kulkas jadi gampang kotor.

Perhatikan tips menyimpan makanan dlam kulkas ini biar gak cepet basi.

1. Telur

Biasanya kulkas punya wadah telur khusus di bagian pintu atas. Padahal menyimpan telur pada bagian ini justru gak bagus. Bagian pintu kulkas suhunya paling hangat dan cepat berubah. Karena sering dibuka dan ditutup. Perubahan suhu ini menyebabkan telur jadi gak awet deh. Sebaiknya simpan telur dalam wadah khusus dan letakkan di rak bagian tengah.

Telur dapat disimpan di dalam kulkas selama 3-5 minggu.

2. Makanan Beku dan Daging

Bungkus daging dengan plastik atau wadah kedap udara (whirlpool.com)

Bagian ini bisa digunakan untuk menyimpan daging, ikan, dan makanan beku. Masukkan dalam wadah khusus yang kedap udara. Supaya tidak bau dan mencemari makanan lain. Terutama jika kulkasmu hanya memiliki satu freezer yang sekaligus digunakan untuk membuat es dan menyimpan es krim.

Nanti esnya beraroma daging dan ikan.

3. Buah dan Sayur

Simpan buah dan sayur setelah dibersihkan. Pisahkan buah yang cepat masak dan mengandung etilen seperti pisang, mangga, dan pepaya. Bungkus dengan kertas atau letakkan pada wadah khusus. Terutama buah dan sayuran yang sudah dipotong. Kalau sudah dipotong bahan makanan ini hanya bisa bertahan 2-3 hari saja.

4. Makanan Sisa

Buat tempat khusus untuk makanan sisa. Kumpulkan dalam satu blok saja. Jangan dipisah-pisah. PAstikan wadah simpannya kedap udara dan tidak bocor. Nanti malah membuat kulkas jadi kotor atau tercemar baunya dengan bahan makanan lain.

5. Produk Susu

Produk olahan susu/ diary products (health.harvard.edu)

Produk susu lebih baik disimpan di dalam botol daripada karton. Bakteri lenih cepat berkembangbiak di bungkus karton. Jika sudah dibuka susu biasanya bisa bertahan hingga satu minggu.

Untuk keju, simpan dengan dibungkus dulu pake alumunium foil. Keju yang udah dipotong untuk dikonsumsi jangan dimasukkan lagi ke dalam wadahnya. Bungkus saja dengan alumunium foil dan simpan di wadah terpisah. Keju keras tahan hingga 3-4 minggu setelah dibuka. Kalau kaju yang lunak hanya satu minggu.

6. Jamur

Simpan jamur bersama dengan sayuran. Bungkus jamur dengan kertas daripada plastik. Karena jamur lebih cepat lembab, jadi akan mudah busuk kalau disimpan di dalam plastik.

7. Kentang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"