Tips Komunikasi yang Gak Kamu Dapet Di Sekolah, Langsung Jadi Lebih Baik

Tips Komunikasi yang Gak Kamu Dapet Di Sekolah, Langsung Jadi Lebih Baik

Hal-hal yang kita pelajari di sekolah, seperti matematika, tata bahasa, dan sains, jelas penting dan bermanfaat untuk diketahui. Tapi salah satu kecakapan hidup yang paling penting untuk dikuasai adalah berkomunikasi dengan orang lain, dan itu bukan sesuatu yang biasanya diajarkan dalam kurikulum sekolah.

"Seluruh hidup hanyalah serangkaian percakapan," kata Charreah K. Jackson dikutip dari Today.com.

Di bawah ini, adalah empat tips komunikasi efektif yang tidak hanya akan membantu kamu berhubungan dengan orang lain tetapi juga dapat mengubah hidup.

1. Katakan "tidak" bila perlu

1. Katakan "tidak" bila perlu Katakan tidak (careerbulder.com)

 

Mungkin sulit untuk mengatakan tidak, terutama kalau kamu gak ingin mengecewakan orang lain di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi.

Namun Jackson mengingatkan kita kalau waktu adalah aset berharga yang gak bisa dibeli dan kembali lagi. Ketidakmampuan untuk mengatakan tidak menyebabkan banyak penyesalan karena waktu yang terbuang percuma.

"Setiap kali kamu mengatakan 'ya' untuk melakukan sesuatu, kamu mengatakan 'tidak' untuk hal lain yang akan kamu lakukan," tambahnya.

Jadi kalau kamu mengatakan ya untuk apa yang gak kamu ingikan, kamu gak punya waktu lagi untuk melakukan apa yang ustru perlu kamu lakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"