Tiga Hal yang Bikin Stres di Usia 20-an, Kamu Ngalamin Juga?

Tiga Hal yang Bikin Stres di Usia 20-an, Kamu Ngalamin Juga?

Memasuki usia 20-an mungkin terasa seru dan semuanya kayak menyenangkan ya? Iya juga sih, di momen-momen ini kamu bisa menikmati waktu mudamu dengan bebas, punya banyak pilihan mau ngapain aja, belum banyak beban pikiran yang terlalu serius, sekaligus jadi waktu untuk mencoba berbagai hal yang bikin pengalaman makin banyak dan bikin kamu jadi orang yang lebih dewasa. 

Padahal sih, banyak lho hal-hal yang bisa bikin stres.  Mungkin kamu pernah ngalamin yang kayak gini… 

Susah lulus

Susah lulus (smith.edu)

Salah satu hal yang bikin anak-anak usia 20-an stres adalah kuliah nggak lulus-lulus. Memang banyak banget halangan menuju lulus. Tapi yang bikin makin stres itu waktu teman-teman satu geng udah lulus semua tinggal kamu berjuang sendirian.

Udah gitu urusan sama dosen ribet banget sampai bikin kamu jadi malas sendiri menyelesaikan kuliahmu. Kamu pun akan mengalami kegalauan akut di fase ini, antara menyelesaikan semua yang udah dimulai atau pura-pura lupa aja deh pernah kuliah.

Bingung soal kerjaan

Bingung soal kerjaan (placementindia.com)

Akhirnya, dengan segala perjuangan, kamu pun lulus. Lega dan bahagia banget ya rasanya? Tapi kebahagiaan itu sama sekali nggak bertahan lama karena kamu udah harus mikirin langkah selanjutnya, yaitu soal kerjaan. 

Duh, mau kerja apa dan di mana ya? Kalau kamu memang sudah berencana untuk menjalankah sebuah profesi sih masih enak, tinggal masukin lamaran ke perusahaan incaran.

Yang bahaya dan makin bikin stres itu kalau kamu sudah lulus kuliah tapi nggak ada bayangan sama sekali mau kerja di bidang apa. Jadinya kamu malah bakalan nganggur lama dan makin stres sendiri.

(businesscomparison.com)

Keuangan nggak jelas

Hal yang bikin stres lainnya adalah masalah keuangan. Kerjaan belum ada, tapi malu juga ya masih minta uang sama orang tua? Padahal pergi interview kerja kan juga butuh ongkos, kamu pun jadi bingung sendiri gimana cara mengatasi masalah keuangan, tapi juga belum dapat kerjaan yang bikin kamu jadi punya penghasilan sendiri. Kunci dari semua masalah ini sih sebenarnya cuma dua, semangat dan sabar ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"