Ternyata Warga Palestina Turut Meriahkan HUT RI Ke-73

Ternyata Warga Palestina Turut Meriahkan HUT RI Ke-73

Baru sekitar seminggu lalu, Israel melancarkan gelombang besar serangan udara ke wilayah Gaza, Palestina. Militer Israel bahkan menargetkan ke lebih dari 140 'situs' Hamas, termasuk kompleks militer dan lokasi pembuatan senjata Hamas.

Serangan itu merupakan langkah balasan terhadap rangkaian serangan ratusan roket dari Gaza ke wilayah Israel pada Rabu, 8 Agustus 2018 lalu, malam waktu setempat.

Serangan masif Israel ke wilayah Gaza [twitter @ajplus]

Serangan itu mengakibatkan setidaknya tiga warga sipil Palestina di tewas du Jalur Gaza. Di antaranya termasuk balita dan ibu hamil. Pascaserangan udara Israel tersebut, PM Israel Benjamin Netanyahu menginginkan gencatan senjata penuh dengan Hamas.

Netanyahu mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengembalikan perdamaian bagi para penduduk di selatan (Israel) dan wilayah sekitarnya yang berbatasan dengan Gaza.

Warga Palestina di Gaza setelah serangan udara Israel [twitter @ajplus]

Dalam keadaan "damai" ini, muncul hal yang tak terduga dari warga Palestina di Gaza. Ribuan warga Gaza ternyata ikut merayakan hari kemerdekaan RI. Mereka mengadakan dan mengikuti berbagai lomba tujuhbelasan juga nih....

Beberapa lomba yang biasa dilakukan di Tanah Air untuk perayaan 17 Agustus digelar di sana. Mulai dari panjat pinang, tarik tambang, hingga balap karung. Perlombaan ini dilakukan sebagai sebentuk penghormatan mereka kepada Indonesia.

Tiang panjat pinang di Gaza (youtube.com)

Sebagaimana diketahui, hingga kini, Indonesia masih terus memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina. Mungkin inilah yang kelak akan mempererat persahabatan Indonesia-Palestina. Di Indonesia sendiri, beberapa lomba yang mereka selenggarakan pun cepat saja menjadi perbincangan di antara warganet. 

Biar tahu bagaimana keseruan warga Gaza menyambut HUT RI 73, simak dulu video yang diunggah akun BANG ONIM CHANNEL di YouTube berikut....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"