Ternyata, Persahabatan Dimulai Semenjak Kita Menginjak Usia Segini

Ternyata, Persahabatan Dimulai Semenjak Kita Menginjak Usia Segini

Sebagai makhluk sosial, normalnya semua orang butuh teman. Termasuk yang pendiam dan kurang suka bersosialisasi sekalipun. Setidaknya ada seorang teman yang bisa dipercaya dan diajak curhat. Terlalu sepi kalau beneran gak punya sahabat tuh.

Dia yang udah kamu kenal sejak kecil belum tentu bisa jadi sahabat baik selamanya. Justru kebanyakan udah lupa tuh temen kecilnya. Yah, sekadar tahu aja, jarang komunikasi lagi.

Temen yang asyik dan setia itu biasanya ada pas jaman SMA. Punya geng yang kompak dan solid banget waktu itu. Ke mana-mana suka barengan. Tempat curhat, nemenin makan, nemenin main, ke kantin bareng, bantuin deketin gebetan dan gosip bareng.

Sahabat SMA (edukasyon.ph)

Ah, serunya masa SMA dulu ya!

Masuk ke kehidupan kampus, rasanya banyak hal yang berbeda dan berubah. Kamu mulai kenal orang-orang baru dan hidup di lingkungan yang baru. Kamu yang kuliahnya jauh dari rumah dan gak ada temen SMA yang sama, bisa jadi perlu waktu buat dapet sahabat baru.

Sahabatmu pas SMA udah jarang ketemu dan punya kesibukan sendiri juga. Ganti lagi deh sahabatnya.

Soal hubungan persahabatan ini ternyata ada penelitiannya loh. Di usia berapa seseorang menemukan sahabat sejati?

Dikutip dari Merdeka.com, ada penelitian yang disebut dengan Friendship Report. Penelitian ini dilakukan oleh Protein Agency dan Snapchat. Hasilnya menyebutkan bahwa rata-rata orang akan menemukan sahabat pada usia 21 tahun. 

Setelah lulus SMA gitu deh.

Sahabat baru pas lagi kuliah (pickardproperties.co.uk)

Katanya, usia 21 tahun itu adalah gerbang menuju kedewasaan. Ketika seseorang mengalami beragam hal dan pengalaman yang membuatnya lebih dewasa dan menilai hidup dengan cara beda. Pada usia 21 tahun, seseorang juga mulai mengenal banyak orang.

Udah masuk kuliah gengs. Selain sahabat, masa jadi mahasiswa bisa jadi waktu yang tepat buat kamu ketemu gebetan calon pendamping hidup.

Kalau kamu sampai sekarang masih ngerasa belum menemukan sahabat yang tepat, mungkin belum waktunya. Carilah teman yang sesuai dan cocok sama kamu. Bukan karena dia kaya, pintar atau pengen manfaat tertentu dari dia. Sahabat itu saling membantu bukan saling memanfaatkan. Milikilah niat yang baik pas nyari sahabat. Biar gak ditikung. Hiya...

Penelitian ini melibatkan 10 ribu orang dengan rentang usia 13-75 tahun.

Hasil lain dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perempuan memiliki sahabat lebih banyak. Jika dibandingkan dengan laki-laki. Cara bersahabatnya juga beda. Kalau perempuan suka membicarakan banyak hal. Gosip sepele sekalipun bisa jadi topik yang asyik banget sampek lupa waktu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"