Ternyata Orang Ini Jadi yang Pertama Unggah Video ke YouTube, Kekayaannya Capai Ratusan Juta Dollar

Ternyata Orang Ini Jadi yang Pertama Unggah Video ke YouTube, Kekayaannya Capai Ratusan Juta Dollar

YouTube  menjadi platform video yang berkembang pesat saat ini. Jutaan orang di seluruh dunia bisa menjadi YouTuber dengan modal kamera atau ponsel dan mengunggah ke platform tersebut. YouTube didirikan oleh Jawed Karim , Chad Hurley, dan Steve Chan.

Dari ketiga nama pendiri YouTube, ternyata Karim adalah orang pertama yang mengunggah video di YouTube. Lewat channel YouTube bernama jawed, pada 24 April 2005, video berjudul “Me at the Zoo” menjadi video perdana yang diunggah YouTube untuk pertama kalinya.

Video itu sangat sederhana, bahkan durasinya hanya 18 detik. Karim tengah berada di sebuah kebun binatang di San Diego, Amerika Serikat. Saat berada di depan kandang gajah, ia menceritakan bahwa saat ini sedang berada di kebun binatang. Seseorang nampak merekam video itu yang tak lain adalah Yakov Lapitsky, teman SMA Karim.

Ternyata Orang Ini Jadi yang Pertama Unggah Video ke YouTube, Kekayaannya Capai Ratusan Juta Dollar (YouTube jawed)

17 tahun kemudian tepatnya di bulan Juni 2022, video tersebut berhasil menarik penonton lebih dari 235 juta. Mungkin video Karim kala itu awalnya hanya dibuat iseng-iseng saja, ternyata YouTube akhirnya berkembang cukup pesat di dunia. Lalu siapa sebenarnya Karim?

Ia merupakan seorang insinyur dan pengusaha dari Amerika Serikat. Karim lahir dari orangtua yang berbeda warga negara. Ayahnya Naimul Karim berasal dari Bangladesh sementara ibunya berdarah Jerman  yang bernama Cristine. Karim lahir pada 28 Oktober 1979 di Jerman, tanah kelahiran ibunya.

Ayah Karim merupakan seorang peneliti yang bekerja di perusahaan besar di Amerika, yakni Minnesota Mining and Manufacturing Company, sementara ibunya juga jadi peneliti sebagai profesor Riset Biokimia di salah satu universitas di Amerika. Kecerdasan ayah dan ibunya nya menurun kepada Karim.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"