Ternyata Ini Lho Alasan Sopir Bus Membiarkan Mesin Tetap Hidup Saat Parkir, Sudah Tahu Belum?

Ternyata Ini Lho Alasan Sopir Bus Membiarkan Mesin Tetap Hidup Saat Parkir, Sudah Tahu Belum?

Mungkin banyak dari kalian yang pernah melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan bus. Entah keluar kota, keluar provinsi, atau mungkin keluar pula. Nah, terkadang ketika berhenti untuk parkir di area peristirahatan, sopir dengan sengaja tidak mematikan mesin bus. Kira-kira apa ya alasan si sopir?

Ternyata alasannya agar mesin bus tidak terlalu panas. Sebab membiarkan mesin bus tetap menyala dapat menurunkan suhu mesin. Meskipun begitu, ternyata ada juga sopir bus yang tidak mematikan mesin saat sedang parkir. Mungkin untuk alasan kenyamanan penumpang ya. Biar AC tetap nyala.

Potret sopir bus antar kota (wartakota.tribunnews.com)

# Dua Alasan Mesin Bus Tetap Menyala Saat Parkir

Menurut Suyadi, Technical Training & Support Center Dept Head PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI). Ada dua alasan kenapa sopir bus biasanya tidak mematikan mesin bus saat berhenti. 

Yang pertama tentu untuk kenyamanan penumpang. 

"Sebenarnya tergantung kebutuhan bisa dimatikan atau tidak, kalau bus pariwisata mesinnya dimatikan nanti penumpangnya protes supaya dari sisi kenyamanan supaya AC tetap hidup," ujar Suyadi.

Yang kedua, untuk mekanisme pada diesel mesin. Sebab mesin diesel bus punya cara kerja sendiri. Apalagi soal mematikan dan menyalakan mesin. Pengemudi bus dilarang untuk menyalakan mesin lalu langsung mengemudikannya, atau dari mengemudi langsung mematikan mesin. Karena kebiasaan itu bisa mempengaruhi durabilitas mesin. Komponen mesin bisa jadi macet, turbo juga bisa rusak jika kebiasaan tadi di lakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"