Ternyata Ini Alasan Mengapa Selama Hidup Pangeran Philip Tak Dapat Gelar Raja

Ternyata Ini Alasan Mengapa Selama Hidup Pangeran Philip Tak Dapat Gelar Raja

Jumat, 9 April 2021 lalu, Pangeran Philip meninggal di Istana Windsor, Windsor, Berkshire, Britania Raya. Ia meninggal di usia 99 tahun setelah sebelumnya dirawat di rumah. 

Kepergian Pangeran Philip meninggalkan tanda tanya besar, terutama bagi publik yang tak paham soal kehidupan atau aturan kerajaan Inggris.

Pasalnya, meski menikah dengan Ratu Elizabeth II, kenapa Pangeran Philip tak bergelar raja?

Kamu mungkin penasaran juga kan?

# Alasan Gelar Pangeran Philip Bukan Raja

# Alasan Gelar Pangeran Philip Bukan Raja Potret Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth kini dan dulu (idntimes.com)


Gelar Pangeran Philip ternyata berkaitan dengan tradisi kerajaan di era Victoria. Sebab dari dulu, sepanjang sejarah Inggris, suami dari Ratu memang tak pernah bergelar Raja.

Menurut konvensi Kerajaan, Pasangan dari raja atau ratu yang berkuasa dikenal sebagai permaisuri. Oleh karena itu, suami Ratu hanya dapat menyandang gelar Permaisuri Pangeran, bukan Permaisuri Raja.

Sejarah ini telah ada sejak pemerintahan Victoria ketika ia menciptakan gelar Permaisuri Pangeran untuk sang suami, Albert.

Pada 1957, Ratu membuat keputusan untuk menjadikan Philip sebagai Pangeran Kerajaan Inggris, selain Duke of Edinburgh. Sejak saat itu ia sering disebut sebagai Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"