Ternyata Arti Pose Patung Kuda yang Ditunggangi Tokoh Pahlawan Punya Arti, Bukan Hanya Pajangan!

Ternyata Arti Pose Patung Kuda yang Ditunggangi Tokoh Pahlawan Punya Arti, Bukan Hanya Pajangan!

Kalian tentu pernah melihat patung tokoh pahlawan yang menunggang kuda. Entah di gerbang masuk sebuah kota atau kabupaten. Atau di alun-alun sebuah daerah. Patung pahlawan berkuda yang sering kita temui misalnya adalah patung Pangeran Diponegoro yang menunggangi kuda.

Saat kamu melihat patung tersebut, kamu merhatiin gak sih ges kalau kaki depan kudanya itu terangkat? Bukannya menapak tanah? Penasaran gak kenapa ya selalu begitu?

# Arti Pose Patung Kuda yang Ditunggangi Tokoh Pahlawan

Bukan asal-asalan. Pose kuda yang sering kita lihat pada patung Pangeran Diponegoro itu ternyata punya arti. Pose tersebut menentukan kisah heroik di balik penunggangnya.

Berikut ini macam-macam arti pose kuda yang ditunggangi pahlawan dan arti di balik pose tersebut:

1. Pose Patung Kuda dengan Satu Kaki Terangkat

1. Pose Patung Kuda dengan Satu Kaki Terangkat Patung Jenderal Gatot Soebroto di Jalan Gerilya Timur, Purwokerto (sucirahayusejarahblog.wordpress.com)

Jika kamu lihat sebuah patung pahlawan yang sedang menunggangi kuda dengan pose satu kaki terangkat. Itu artinya si penunggang/pahlawan tersebut mati akibat luka perang, tapi tidak di medan perang. 

Contoh patung dengan pose kuda mengangkat satu kaki adalah Patung Jenderal Gatot Soebroto di Jalan Gerilya Timur, Purwokerto, Jawa Tengah. Tepatnya di Rumah Sakit Margono Soekarjo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"