Terkuak Sudah! Ini Alasan Kenapa Tukang Bakso Identik dengan Intel

Terkuak Sudah! Ini Alasan Kenapa Tukang Bakso Identik dengan Intel

Badan Intelejen Negara atau disingkat BIN adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang tugasnya melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelejen.

Karena cara kerjanya yang rahasia inilah, anggota BIN kerap harus melakukan penyamaran dalam melakukan gerakan bawah tanahnya. Salah satunya dengan menyamar sebagai pedagang kaki lima, seperti tukang bakso.

Bahkan, cukup seringnya ditemukan tukang bakso yang mengantongi handy talkie (HT), publik pun beranggapan bahwa tukang bakso tersebut bisa jadi adalah anggota intel.

# Penjelasan Mantan Kepala BIN Soal Kaitan Tukang Bakso dan Intel

Intel yang sedang menyamar jadi tukang bakso (kumparan.com)

Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono kemudian menjelaskan alasan kenapa tukang bakso identik dengan intel. Alasannya ternyata ya sesederhana karena anggota intelejen bisa menyamar sebagai tukang bakso atau tukang siomay.

Biasanya, intelejen yang menyamar jadi tukang bakso dan tukang-tukang lainnya, mereka akan dilengkapi dengan HT guna memberi informasi soal target.

Intel yang menyamar jadi tukang bakso tadi biasanya hanya bertugas sebagai spionase dan tak melakukan kontak fisik sama sekali.

"Mencari keterangan sampai dia tahu dan kenal betul siapa musuh, dan siapa rakyat, dan bagaimana medannya, dan akses menuju ke jantung itu bagaimana," jelas Hendropriyono mengenai tugas intelijen seperti yang disampaikan ke Podcast Deddy Corbuzier di YouTube.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"