Terkesan dengan Yahudi, Presiden Timor Leste Pernah Berkunjung Ke Israel Meminta Bantuan

Terkesan dengan Yahudi, Presiden Timor Leste Pernah Berkunjung Ke Israel Meminta Bantuan

Gak disangka, ternyata hubungan Timor Leste dengan Israel dekat dan baik. Setelah menjadi negara yang merdeka, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengajak satu rombongan besar untuk berkunjung ke Israel.

Kunjungan negara ini dilakukan pada tahun 2011. Sebanyak 61 orang dipimpin Presiden sendiri, datang ke Israel. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama di beberapa bidang.

Dari Timor Leste mereka singgah di Singapura, lalu ke Bangkok. Baru kemudian bertolak langsung ke Israel. Ramos Horta mengaku terkesan dengan Israel dan orang Yahudi setelah membaca buku tentang mereka.

Negara Timor Leste (firstglobal.org)

Sejak tahun 60-an Ramos Horta banyak belajar soal kehidupan orang Yahudi. Dia melihat banyak penganiyaan, diskriminasi, dan pelecehan yang diaami Yahudi.

Jose Ramos bertemu dengan Presiden Israel Shimon Peres di Belt Hanassi. Keduanya membahas mengenai kerjasama yang akan dilakukan. Sebelumnya keduanya pernah bertamu dalam acara PBB sebelum kemerdekaan Timor Leste.

"Kami sudah lama ingin datang ke Israel," kata Ramos Horta kepada Presiden Israel Shinmon Peres di Beit Hanassi, pada 2011.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"