Terjawab Sudah, Kenapa Ayam Tidak Bisa Terbang Meski Punya Sayap

Terjawab Sudah, Kenapa Ayam Tidak Bisa Terbang Meski Punya Sayap

Kenapa ayam tidak bisa terbang? Padahal ayam adalah jenis unggas yang memiliki sayap. Meskipun memiliki sayap ayam memang jarang terlihat terbang seperti burung. Ternyata beberapa faktor menjadi penyebab ayam tidak bisa terbang seperti burung.

Ukuran tubuh ayam bila diperhatikan lebih besar dan tinggi daripada burung. Tubuh yang besar membuat otot sayap pada burung tidak akan kuat mengepakan sayap dalam waktu yang lama. Sebenarnya ayam sering mengepakan sayapnya ketika hendak berpindah ke tempat yang lebih rendah atau tinggi.

Dilansir dari beberapa sumber, susunan bulu ayam dan burung itu ternyata berbeda lho. Burung bisa terbang karena memiliki susunan bulu yang lebih rapat dan kuat, ditambah tubuhnya lebih kecil atau ringan dibanding ayam sehingga burung sangat mudah untuk mengangkat tubuhnya.

Ayam Tidak Bisa Terbang (Liputan6.com)

Konon bila ayam terpaksa harus terbang seperti burung, bisa jadi bulu-bulu ayam yang melekat pada tubuhnya tidak akan kuat dan malah akan terlepas. Akhirnya ayam pun tak akan kuat terbang dalam waktu yang lama karena akan jatuh dari udara.

Sebenarnya ada salah satu jenis ayam yang disebut bisa terbang meskipun tidak setinggi burung dan terbang dalam waktu lama. Ayam itu adalah ayam hutan hijau atau Gallus Varius. Ayam ini bisa dibilang ayam yang paling memiliki kemampuan terbang dibandingkan ayam lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"