Terbaru Kiblat, 5 Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Bioskop Tanah Air

Terbaru Kiblat, 5 Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Bioskop Tanah Air

Tak semua film Indonesia  tayang di bioskop. Buktinya ada beberapa layar lebar yang memicu kontroversi sehingga diminta untuk tidak tayang di bioskop. Mayoritas film dilarang tayang karena cerita dalam film tersebut. Film apa saja yang dilarang tayang di bioskop tanah air?

1. Kucumbu Tubuh Indahku

Dari judulnya saja film karya Garin Nugroho ini sudah memicu kontroversi. Film ini dianggap bercerita tentang hasrat seksual seseorang penari lengger bernama Jjuno yang ternyata memiliki penyimpangan. Ia pun diceritakan dekat dengan unsur LGBT.

Sebenarnya film ini sempat tayang di bioskop namun karena banyak penolakkan membuat bioskop akhirnya menurunkan film ini agak tidak tayang. Tentunya kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi industri film Indonesia saat itu.

Film Indonesia Dilarang Tayang di Bioskop (Viu)

2. The Look of Silence

The Look of Silence bikin geger karena menceritakan kejadian memilukan kemunculan Partai Komunis Indonesia atau PKI. Film ini memperlihatkan sudut pandang dari seorang tukang kacamata bernama Adi dimana sang kakak menjadi korban pembantaian yang dilakukan PKI.

Walaupun film documenter ini tidak tayang di Indonesia namun The Look of Silence masuk ke dalam nominasi Pscar dalam kategori Best Documentary Feature.Mungkin saja banyak masyarakat yang truma dengan kejadian di tahun 1965.

3. Something in the Way

Film Something in the way adalah karya Teddy Soeriatmadja. Film ini bahkan dibintangi nama besar Reza Rahadian dan Ratu Felisha. Diceritakan  Ahmad seorang sopir taksi bertemu dengan penumpang bernama Kinar.

Ternyata keduanya tak lagi memposisikan sebagai sopir taksi dan penumpang saja namun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tema dunia malam sangat terlihat dalam film ini sehingga dicegah untuk tayang di bioskop Indonesia. Meski tak tayang di Indonesia, di beberapa negara d Eropa menayangannya seperti Belanda dan Jerman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"