Terapi Sengat Lebah, Kenali Manfaat dan Bahayanya

Terapi Sengat Lebah, Kenali Manfaat dan Bahayanya

Terapi sengat lebah disebut juga dengan Apitherapy. Dilakukan dengan dua cara, sengatan langsung dari lebah atau menyuntikkan ekstrak racun lebah ke dalam tubuh. Mau cara manapun yang dipilih, tetap dipercaya memiliki efek penyembuhan.

Racun lebah mengandung zat yang memiliki efek antiperadangan. Senyawa-senyawa tersebut diduga mampu mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu.

Terapi sengat lebah (health.howstuffworks.com)

Beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan terapi sengat lebah adalah:

1. Nyeri punggung

Sebuah studi menunjukkan, setelah terapi selama 3-6 minggu, seorang penderita nyeri punggung kronis mengalami perbaikan nyeri dan menjadi lebih nyaman menjalani aktivitas.

2. Alergi

Terapi sengat lebah diduga efektif membantu mengurangi reaksi kekebalan tubuh penderita alergi. Meskipun belum ada uji klinis dan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Penyakit saraf

Terapi sengat lebah juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif dalam mengatasi penyakit saraf. Misalnya seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis.  

Sifat antiradang pada racun lebah diduga menjadi penyembuh alternatif.

Racun lebah mengandung zat kimia untuk menyembuhkan penyakit (empr.com)

5. Lupus

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahwa terapi sengat lebah mampu mengurangi peradangan ginjal akibat Namun, penelitian lebih lanjut terhadap manusia belum dilakukan.

Perlu kehati-hatian untuk menyembuhkan lupus dengan racun lebah. Dalam laporan 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine di Korea, peneliti berpendapat bahwa terapi sengat lebah dapat meningkatkan risiko lupus (gangguan autoimun).

5. Rheumatoid arthritis (RA)

Penelitian menemukan bahwa terapi sengat lebah dapat mengurangi bengkak, nyeri, dan kaku sendi pada penderita rheumatoid arthritis.

Sengatan lebah juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit ini kambuh.

6. Multiple sclerosis

Menurut penelitian dari jurnal Neurology pada tahun 2005 sengatan lebah punya manfaat baik untuk multiple sclerosis. Penelitian ini melibatkan 26 pasien multiple sclerosis ini dibagi menjadi dua kelompok. 

Pertama ada kelompok yang diberi pengobatan terapi sengat lebah, dan yang satu lagi tidak diberikan obat apa pun. Penelitian ini dilakukan selama 24 minggu. Hasilnya sengat lebah bisa membuat kelompok pertama jarang kambuh dibanding dengan kelompok yang tidak menjalani pengobatan apa pun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"