Teks Eksposisi Singkat, Ini Contohnya!

Teks Eksposisi Singkat, Ini Contohnya!

Teks eksposisi merupakan bentuk tulisan, atau karangan yang berupa sebuah paragrap yang mengandung sejumlah informasi yang valid, akurat, ilmiah, non fiksi, yang disajikan secara singkat, pada dan, jelas sehingga tulisan ini bisa menjelaskan suatu pemikiran dan menggiring para pembaca dalam pandangan yang lebih luas lagi.

Teks ekposisi singkat (magazine.job-like.com)

Dilansir dari situs thegorbalsla.com penjelasan tentang teks ekposisi singkat, 

"Seorang ahli Bahasa Indonesia bernama Keraf (1995) menyatakan bahwa eksposisi merupakan bentuk wacana yang berusaha menguraikan sesuatu atau objek sehingga wacana tersebut dapat memperluas pandangan atau pengetahuan si pembacanya. Dalam bahasa sederhananya, adalah bentuk wacana yang tujuannya adalah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi mengenai suatu objek."

Struktur Teks Eksposisi

Sebelum membuat teks ekposisi singkat diharapkan kamu tahu akan beberapa struktur dari teks ekposisi sendiri.

Dan ada tiga struktur yang gunanya menyusun teks eksposisi, stuktur itu dapat dijadikan acuan ketika kita hendak membuat teks ekposisi singkat.

1. Pendahuluan

Pendahuluan atau tesis berisi ide dari suatu kalimat ekposisi. Pada bagian ini terdapat muatan pandangan si penulis berupa topik yang diulasnya. Di bagian tersebut juga merupakan penjelasan maksud dari keseluruhan kalimat yang akan dijelaskanya.

2. Isi

Isi atau tubuhnya eksposisi berisi tentang uraian pokok dan pengembangan dari tesis yang sebelumnya.

Pada bagian ini menggunakan fakta ilmiah dan argumen yang berfungsi sebagai pendukung sebuah pandangan atau tesis sebelumnya.

4. Kesimpulan

Kesimpulan sendiri berisikan suatu penegasan kembali terkait tesis sebelumnya.

Yak selanjutnya kita simak contoh teks ekposisi singkat dibawah ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"