Tau Nggak Kenapa Banyak Orang Vietnam Namanya “Nguyen”?

Tau Nggak Kenapa Banyak Orang Vietnam Namanya “Nguyen”?

Vietnam merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja. Total jumlah penduduk Vietnam pada September 2022 berjumlah sekitar 97 juta jiwa. Orang Vietnam memiliki keunikan karena memiliki nama “Nguyen” dalam jumlah yang cukup banyak loh.

Misalnya saja nama-nama pemain sepak bola Vietnam yang bernama Nguyen Quang Hai, Nguyen Chong Phuong dan masih banyak lagi. Memang banyak orang Vietnam yang memiliki nama Nguyen adalah laki-laki. Total ada 46 persen orang Vietnam yang menggunakan nama Nguyen.

Menurut laporan Business Times sekitar 38 juta penduduk Vietnam memiliki nama Nguyen. Nama lengkap di Vietnam sedikit berbeda strukturnya dibandingkan dengan nama Korea dan China yang memiliki tiga bagian utama yakni nama belakang, nama tengah, dan nama depan.

Tau Nggak Kenapa Banyak Orang Vietnam Namanya “Nguyen’ (Indozone)

Penggunaan nama Nguyen dipopulerkan oleh penjajahan dinasti China di abad ke-2 sebelum masehi. China mengadopsi nama keluarga selama ribuan tahun. Penggunaan nama keluarga terkadang untuk menunjukkan status sosial di dalam masyarakat.

Nama Nguyen berasal dari China yang sata itu penduduk Vietnam tidak menggunakan nama keluarga. Awalnya nama Nguyen berasal dari bahasa Mandarin ‘Ruan’ yang sering waktu berubah-ubah menjadi ‘Nguyen’ oleh pelafalan rakyat Vietnam.

Negara Vietnam memang merupakan negara republik sosialis, dulunya sebuah kerajaan dimana banyak anggota kerajaan yang menggunakan nama ‘Nguyen’. Akhirnya banyak orang Vietnam yang menggunakan nama ‘Nguyen’ supaya mendapatkan status sosial yang sama. Pengucapan ‘Nguyen’ yakni ‘Nuh-ween’ atau ‘Nyu-win’.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"