Tanda Tangan Materai yang Sah: Bikinnya Gampang Banget Kok, Gak Ribet~

Tanda Tangan Materai yang Sah: Bikinnya Gampang Banget Kok, Gak Ribet~

Yups gengs, kali ini kita bakalan belajar gimana tanda tangan materai yang sah, tentunya hal ini selalu membingungkan.

Apalagi buat kamu-kamu yang baru aja mengenal dunia kerja, tentunya hal ini masih asing banget di telinga kalian,

Yang jadi pertanyaan gimana sih cara bikin tanda tangan materai yang sah dan baik? Apakah ada teknik tertentu?

Ilustrasi (Bisnis.com)

Fakta tanda tangan materai yang sah

Tahu gak sih gengs, tanda tangan memiliki fungsi utama sebagai identitas dari penanda tangan dan menjamin kebenaran isi dari dokumen yang telah ditandatangani. 

Dalam perjanjian atau kontrak, tanda tangan berfungsi untuk menjamin bahwa benar orang yang menandatangani perjanjian atau kontrak  tersebut telah mengetahui dan menyetujui seluruh isinya. 

Tanda tangan di dalam perjanjian merupakan bukti adanya persetujuan atas perjanjian yang telah dibuat oleh para pihak.

Menurut UU Bea Meterai, definisi tanda tangan adalah sebuah tanda tangan sebagaimana lazimnya dipergunakan, termasuk pula paraf, teraan, cap tanda tangan, cap paraf, teraan cap nama, atau tanda lainnya sebagai pengganti tanda tangan. 

Dan menurut Undang-Undang tanda tangan materai yang sah dapat berupa cap maupun tanda lainnya yang dapat membuktikan identitas suatu pihak.

Tanda tangan materai yang sah

Dilansir dari Libra.id, pemberian meterai serta letak tanda tangan tidak dapat dilakukan sembarangan melainkan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Berdasarkan Pasal 7 ayat (5) UU Bea Meterai, pembubuhan tanda tangan disertai dengan pencantuman tanggal, bulan, dan tahun sehingga sebagian tanda tangan di atas kertas dan sebagian sisanya di atas meterai. 

Bagaimana jika penandatanganan tidak dilakukan sesuai dengan aturan tersebut? Akibatnya adalah dokumen tersebut dianggap tidak bermeterai sehingga perlu dilakukan pemeteraian kemudian, yang artinya adalah pelunasan bea meterai yang dilakukan oleh pejabat pos atas dokumen yang bea meterainya belum dilunasi sebagaimana mestinya.

Jadi contoh tanda tangan materai yang sah kayak begini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"