Tanda-tanda Orang dengan Kualitas EQ yang Baik

Tanda-tanda Orang dengan Kualitas EQ yang Baik

Kalo sebelumnya udah kita bahas tentang tanda-tanda orang cerdas, itu baru dari segi IQ-nya. Gimana kalo sekarang kita ikut ngebahas soal kecerdasan EQ-nya, alias Emotional Quotient. Biar imbang gitu.

Nah, tau nggak kalo orang-orang dengan kecerdasan intelegensi belum tentu memiliki kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional seseorang diperlukan agar seseorang dapat hidup dengan baik. Tentu saja dengan orang-orang atau lingkungan tempat ia berada.

Kecerdasan emosional dibutuhkan untuk mengantisipasi perilaku orang lain. Kalo gitu, apa aja sih tanda-tanda orang dengan kecerdasan emosional yang baik? Mari kita simak ulasan berikut.


1. Mencari tahu apa yang salah

Seseorang yang cerdas secara emosional biasanya sering mencari tahu berbagai hal yang salah. Terutama mencari tahu apa-apa saja kesalahan yang telah kita perbuat. Dengan cukup bijak, mereka yang sudah mengetahui kesalahannya, tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

2. Tidak berada dalam hubungan yang kasar

Cerdas secara emosional membuat seseorang tidak berada dalam sebuah hubungan yang kasar. Bersama teman-teman, sahabat, keluarga, termasuk bersama pasangannya. Kalo kamu merasa kecerdasan emosionalmu baik, maka kamu tidak akan membiarkan dirimu dimanipulasi secara emosional oleh orang-orang di sekelilingmu. 

Sebaliknya, kamu pasti akan mencari solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Kamu tak akan mengeluh tentang seseorang yang mengambil keuntungan darimu.

mirror.co.uk

3. Tak membiarkan diri terluka oleh orang lain

Kecerdasan emosional dapat dilihat dari cara seseorang tidak membiarkan orang lain mudah untuk memengaruhi atau menyakitinya. Emosi yang stabil membantu kita untuk mengetahui apa orang lain menyakiti dengan tujuan tertentu. Maka, kita tak perlu membuang-buang waktu untuk memikirkan mereka.

4. Sensitif, tak menyakiti siapapun

Sifat sensitif akan muncul bersama dengan kecerdasan emosional. Namun, bukan berarti kita lemah lho ya. Kita cuma lebih peka terhadap orang lain, terutama ketika mereka membutuhkan bantuan. Segera, kita akan mengetahui dan mengerti bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan tepat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"