Tanda-Tanda Ini Bisa Jelaskan Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Tanda-Tanda Ini Bisa Jelaskan Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Tanda-tanda alam berikut ini bisa jelaskan penyebab terjadinya tanah longsor. Tanah longsor memang seperti halnya bencana alam lainnya ... tak bisa diduga-duga kapan datangnya.

Tanah longsor umumnya terjadi saat musim hujan. Kita perlu mewaspadai ini nih di lingkungan sekitar kita tinggal.

Makanya, simak tanda-tanda yang bisa jelaskan penyebab terjadinya tanah longsor berikut ini. Kuy, kuy!

1. Gempa bumi

1. Gempa bumi

Gempa bumi bisa sebabkan tanah longsor (tribunnews). Gempa bumi merupakan tanda pertama yang dapat menjelaskan penyebab terjadinya tanah longsor. Getaran kuat dari dalam bumi membuat tanah-tanah ikut bergerak hebat. Makanya, tanah longsor mungkin terjadi jika gempa bumi melanda suatu kawasan.

2. Letusan gunung berapi

2. Letusan gunung berapi Letusan gunung berapi juga nih, bahaya banget (nbcnews.com)

Gunung berapi adalah tanda-tanda yang menjelaskan penyebab terjadinya tanah longsor. Guguran bebatuan dari gunung yang jauh lebih besar dari rumah kalian bisa jadi salah satu pemicunya tanah longsor gengs!

Jika material-material dari gunung yang meletus menimbun di sebuah titik, maka tanah atau lereng yang menopangnya nggak akan bertahan lama. Saat itulah tanah longsor terjadi. Kalian harus waspada banget nih.

3. Curah hujan yang tinggi

3. Curah hujan yang tinggi Curah hujan tinggi memungkinkan terjadinya tanah longsor (thejakartapost.com)

Tanda-tanda selanjutnya yang bisa jelaskan penyebab terjadinya tanah longsor adalah curah hujan yang tinggi. Curah hujan yang tinggi di sebuah wilayah berarti serapan air jauh lebih banyak.

Kalau sudah nggak tertampung lagi, tanah yang menyerap air bisa kehilangan kekuatannya dan tanah longsor bisa terjadi setelahnya. Situasi ini miriplah dengan lereng gunung tadi. Hati-hati ya gengs.

4. Tumpukan sampah atau pengerjaan konstruksi bangunan

4. Tumpukan sampah atau pengerjaan konstruksi bangunan Longsor di Kota Surabaya beberapa waktu lalu (surabayapagi.com)

Tumpukan sampah di sebuah titik yang terus menggunung juga rawan banget menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor rawan terjadi di area sekitar tumpukan sampah yang menggunung itu. Bisa aja karena air hujan juga kan.

Selain itu, kemungkinan lain terjadinya tanah longsor adalah pengerjaan konstruksi bangunan. Contohnya yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu. Jika pengerjaan konstruksinya tidak kuat, tanah longsor mungkin akan terjadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"