Tambang Batu Bara yang Hancurkan Kalimantan, Lihat Foto-fotonya Bikin Sedih

Tambang Batu Bara yang Hancurkan Kalimantan, Lihat Foto-fotonya Bikin Sedih

Tambang batu bara sebagian besar beroperasi di Pulau Kalimantan. Dan kita semua pun tahu kalo Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di negara kita yang berfungsi pula sebagai paru-paru dunia.

Tambang batu bara sendiri mulanya memang dibutuhkan untuk menggerakkan berbagai sektor, pembangunan misalnya. Akan tetapi, semakin ke sini, tambang batu bara justru kian merusak lingkungan.

Salah satu tambang batu bara di Kalimantan (usaharaya.co.id)

Kalimantan terus digali perutnya demi menghasilkan mineral hitam tersebut. Akibatnya, kerusakan lahan semakin parah dan kondisinya kian memprihatinkan.

Biar kalian tau nih, ini dia bukti-bukti kalo tambang batu bara kian merusak Kalimantan. Foto-fotonya bikin sedih gengs.

1. Genangan air beracun

1. Genangan air beracun Genangan airnya beracun loh itu (boombastis.com)

Tambang batu bara memang membuat lingkungan di sekitarnya juga ikut rusak karena penambangan dalam skala besar. Contohnya adalah genangan air di sekitar tambang batu bara tentu mengandung logam berat yang amat beracun.

Katanya, kalo kita menghirup udara di sekitar lingkungan yang tercemar itu, kita bisa langsung sesak napas loh. Gimana kalo kecebur yak?

2. Ada banyak loh genangan beracunnya

2. Ada banyak loh genangan beracunnya Genangan air beracun gini tuh banyak bangets (boombastis.com)

Tambang batu bara emang tak lepas dari mudahnya pemerintah memberikan izin penambangan. Akibatnya, salah satu kawasan di Kalimantan jadi begini deh.

Genangan air beracun tadi jadi banyak banget. Kabarnya, kawasan di Kalimantan itu kini menjadi kawasan paling beracun paling banyak di dunia.

3. Tanah jadi tandus, tanaman gak bisa tumbuh

3. Tanah jadi tandus, tanaman gak bisa tumbuh Jadi tandus tanahnya, gak bisa ditumbuhin apa-apa gengs (boombastis.com)

Beberapa tahun lalu, tambang batu bara masih menggeliat. Tapi setelah itu, keadaan tanah di sekitar tambang batu bara jadi tandus dan gak bisa ditanami apa pun.

4. Pemandangan jadi mengerikan, jadi kaya di planet lain gitu

4. Pemandangan jadi mengerikan, jadi kaya di planet lain gitu Ya ampun, kayak di planet mana gitu ya (boombastis.com)

Kalo kita ngeliat film-film tentang perjalanan ke planet lain, itu juga terjadi di area di sekitar tambang batu bara gengs. Kalo mau ke kawasan itu, kita juga diwajibkan menggunakan pakaian khusus.

5. Tanah luas itu jadi gak bisa diapa-apain lagi

5. Tanah luas itu jadi gak bisa diapa-apain lagi Padahal tanahnya luas banget dan bisa digunakan lagi loh (boombastis.com)

Tanah di sekitar tambang batu batu emang begitu luas. Tapi sayang, gak bisa diapa-apain gengs. Tanah itu jadi gak berguna karena kawasan itu tergolong beracun dan cukup parah. Gak bisa ditanami apa-apa juga kan?

6. Sedih ya, Kalimantan punya kawasan kayak begini

6. Sedih ya, Kalimantan punya kawasan kayak begini Ya, kira-kira inilah realita tentang alam kita yang perlu kalian ketahui (boombastis.com)

Ya, itu emang fakta yang gak bisa ditepis lagi keberadaannya. Padahal di kawasan itu dulunya teduh karena hutan yang lebat.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"