Tak Disangka, Ada 5 Negara di Dunia yang Penduduknya Bicara Pakai Bahasa Jawa

Tak Disangka, Ada 5 Negara di Dunia yang Penduduknya Bicara Pakai Bahasa Jawa

Bahasa Jawa  adalah bahasa daerah yang biasanya digunakan sebagai alat komunikasi orang-orang yang tinggal di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tapi jangan salah dulu karena bahasa Jawa ternyata sudah mendunia karena ada negara di dunia pakai bahasa Jawa.

Apakah banyak orang Jawa asal Indonesia yang pindah ke negara tersebut sehingga mempopulerkan bahasa Jawa? Biar nggak penasaran, berikut beberapa negara yang penduduknya banyak bicara pakai bahasa Jawa.

1.    Suriname

Negara ini sejak dulu terkenal dengan bahasa Jawa. Banyak penduduk di negara yang terletak di benua Amerika ini menggunakan bahasa Jawa dalam komunikasi kesehariannya. Semua terjadi karena sejarah di masa lalu. Zaman penjajahan Belanda banyak orang Jawa di Indonesia yang dibawa Belanda ke Suriname.

Pihak Belanda kala itu membawa orang Jawa dengan alasan akan dicarikan pekerjaan di Suriname. Selain mendapatkan pekerjaan, akhirnya banyak orang Jawa yang tinggal dan beranak-pinak sampai sekarang. Banyak penyanyi campursari Indonesia seperti mendiang Didi Kempot juga pernah tampil di Suriname.

Tak Disangka, Ada 5 Negara di Dunia yang Penduduknya Bicara Pakai Bahasa Jawa (Intisari Online)

2.    Malaysia

Malaysia sebenarnya menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa kesehariannya. Tapi karena banyak orang Indonesia khususnya Jawa yang banyak tinggal di Malaysia, membuat sebagian kecil penduduk Malaysia ada yang bisa bicara dengan bahasa Jawa. Di Malaysia terdapat sebuah tempat bernama Kampung Padang Jawa yang berisikan orang-orang Malaysia keturunan Jawa.

3.    Kaledonia Baru

Negara kecil yang berada di kawasan Samudera Pasifik ini memang tidak begitu terkenal. Tapi siapa sangka banyak orang Jawa pada masa lalu yang pindah ke negara itu. Fenomena perpindahan penduduk itu mirip dengan yang terjadi di negara Suriname.

Banyak orang Jawa yang jadi kuli atau buruh memutuskan hijrah ke Kaledonia baru hingga akhirnya tinggal dan memiliki banyak keturunan. Bahasa Jawa jadi bahasa yang populer di sana.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"