Tahun Baru Islam Datang, Siapkan Diri dan Lakukan Amalan Bulan Muharram Ini

Tahun Baru Islam Datang, Siapkan Diri dan Lakukan Amalan Bulan Muharram Ini

Sebagaimana kamu tahu, penanggalan umat Islam memakai perputaran bulan guna menghitung hari. Oleh sebab itu, penanggalan Islam tergolong dalam penanggalan tradisional dan dinamakan sebagai penanggalan Hijriyah. 

Nah, beberapa jam lagi umat Islam akan merayakan tahun baru 1 Muharram 1440 H. Dan menurut kalender Masehi, tahun baru Islam ini bakal jatuh pada hari Selasa (11/9). Sudahkan anda siap mempersiapkan amalan Islam guna menyambut hari besar umat muslim ini? 

Tentu bertolak belakang dengan perayaan tahun baru yang tidak sedikit diisi dengan gebyar petasan dan kembang programming interface, umat Islam merayakan tahun barunya dengan sekian banyak  jenis ibadah. 

Ada yang memakai kesempatan tersebut untuk menyelenggarakan pengajian untuk memperingati perjuangan Nabi Muhammad SAW, mengadakan dzikir bersama beramai-ramai, atau menjalankan puasa sunah yang diutamakan untuk mengenang salah satu bulan yang disucikan oleh Tuhan ini. 

Ilustrasi bulan Muharram. (kabar.news)

Untuk kaitan puasa sunah, tidak sedikit hadis dari Rasulullah maupun ulama mula-mula yang menerangkan sekian banyak jenis puasa yang dapat dilaksanakan pada bulan Muharram ini. Puasa sunah itu yakni puasa Tasu'a, puasa Ayyamul Bidh dan puasa Asyura. Nah, berikut ialah jadwal puasa di bulan Muharram 1440, seperti dikutip dari Alhabib.info 

Jadwal puasa sunah bulan Muharram. (al-habib.info)

Rabu, 9 Muharram 1440 atau 19 September 2018: puasa Tasu'a, 

Kamis, 10 Muharram 1440 atau 20 September: puasa Asyura, menghapus dosa satu tahun lalu, 

Minggu, 13 Muharram 1440 atau 23 September: puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari pertama, 

Senin, 14 Muharram 1440 atau 24 September: puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari kedua, 

Selasa, 15 Muharram 1440 atau 25 September: puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari ketiga, 

Nah, guna mempermudah kalian yang hendak menjalankan amalan-amalan di bulan Muharram, berikut adalah bacaan niat puasa dari 2 jenis puasa sunnah yang wajib kalian  hafalkan. 

Hadis terkait puasa Tasu'ah. (cintasunnahku.blogspot.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"