Tahukah Kalian, Ternyata Inilah Alasan Kenapa Siswi di Jepang Suka Pakai Rok Pendek.

Tahukah Kalian, Ternyata Inilah Alasan Kenapa Siswi di Jepang Suka Pakai Rok Pendek.

Mungkin bagi kalian ada yang belum tahu kenapa siswi di Jepang lebih suka memakai rok pendek untuk bersekolah. Baru-baru ini sebuah website berita di Jepang yaitu Japanese Inside dan paragram melansirnya dari inibaru.id tentang pembahasan tersebut. 

Pembahasan ini menarik dan unik, mungkin banyak diluar sana yang sering melihat cewek jepang memakai rok pendek saat bersekolah, dan yang pastinya masih banyak yang belum tahu nih alasan pastinya.

Menurut Japanese Inside, Jumat (30/10/2020), kebiasaan menggunakan rok pendek ini dimulai dari budaya Gyaru yang ngetren pada era 90-an. Kala itu, legenda J-Pop Namie Amuro mengenakan rok super pendek, alis tipis, dan rambut yang di-bleach.

Saking populernya, gaya Namie Amuro itu banyak ditiru gadis-gadis Jepang. Mereka mulai membuat rok sekolahnya lebih pendek dari biasanya.

Rok mini! via http://dy.163.com

Ada beberapa upaya yang dilakukan para siswi Jepang biar roknya terlihat pendek. Pertama adalah dipotong, kedua adalah dilipat sampai setinggi pinggang, dan yang terakhir adalah mengenakannya dengan tambahan sabuk rok.

Biasanya, cara melipat rok dan mengenakan sabuk pada rok lebih banyak dipillih karena risikonya lebih kecil daripada memotong rok. Sebab, sekolah-sekolah di Jepang masih memberlakukan aturan ketinggian rok nggak boleh lebih tinggi 10 cm dari atas lutut. Jadi, bila tiba-tiba ada razia rok dadakan, para siswi tinggal menurunkan saja roknya kembali.

Selain dipengaruhi tren Namie Amuro, alasan lain para siswi Jepang dalam memendekkan roknya adalah agar kaki mereka tampak lebih jenjang. Meski begitu, banyak orang yang mengatakan bahwa orang Jepang cenderung malu memperlihatkan kaki mereka ketika sudah beranjak dewasa sehingga masa sekolah menjadi waktu yang tepat untuk memamerkannya.

Secara umum, alasan penggunaan rok pendek ini nggak lebih dari soal fashion. Apalagi orang Jepang memang dikenal sangat modis dan sangat memperhatikan penampilannya dalam berbagai kesempatan.

Jadi, jangan mikir yang aneh-aneh dulu ya soal rok pendek para siswi Jepang ini. Lebih ke soal fashion dan bukan karena apa-apa seperti pemikiran para cowok nih pastinya....



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"