Tahu Gak Sih? 50 Persen Gen Manusia dan Pisang Itu Sama

Tahu Gak Sih? 50 Persen Gen Manusia dan Pisang Itu Sama

Manusia dan pisang punya 50 persen bahkan lebih gen yang sama.

Masak sih? Padahal kita gak ada mirip-miripnya sama buah berwarna kuning ini. Tapi ternyata, dikutip dari Science.howstuffworks.com, secara statistik data ini benar.

Gimana? Mulai membayangkan antara dirimu dan pisang?

Manusia mirip pisang? (foxbusiness.com)

Informasi ini kemungkinan berasal dari peelitian National Human Genome Research Institute pada tahun 2013. Penelitian ini dipimpin oleh ahli genetika Dr. Lawrence Brody.

Tapi hasil penelitian lengkapnya gak dipublikasikan. Malah dimasukkan ke dalam bagian dari video Museum Sejarah Alam Smithsonian berjudul "The Animated Genome."

Video itu menyebutkan bahwa gen antara manusia dan pisang punya kemiripan 41 persen.

Para peneliti pertama kali melihat urutan gen dalam genom pisang. Lalu melakukan hal yang sama dengan gen manusia. Setelah tahu urutannya, peneliti tersebut pakai program khusus untuk melihat kesamaan antara gen pisang dan manusia.

Ilustrasi gen (psmag.com)

Kok ya kepikirannya pisang gitu ya? Bukan timun, wortel atau kacang. Heheu...

Kalau banyak samanya ko pisang dan manusia gak mirip bentuknya??

Gini gengs, umpamakan aja gen itu kayak cetak biru rumah. Kita misalkan pisang itu rumah kayu ala jawa dan manusia rumah modern ala eropa. Beda banget kan bentuk fisiknya?

Tapi cetak birunya bakalan mirip. Dibuatnya juga ada pintunya, jendela, kamar mandi, kamar tidur, pipa saluran air, dapur dan lain sebagainya.

Gen secara genetik meskipun urutannya sama atau mirip banget, tapi hasil ekspresinya beda-beda kok. Soalnya kayak cetak biru rumah, gen hanya bertugas mengkode protein tertentu yang bakal beda-beda di setiap makhluk hidup.

Meski sekitar 60 persen gen kita memiliki kesamaan dengan genom pisang. Dari 60 persen itu, protein yang dikodekan kira-kira 40 persen identik. Gen yang identik ini hanya untuk proses dasar kehidupan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"