Syarat Menjadi Pramugari yang Harus Kalian Persiapkan Sebelum Mendaftar

Syarat Menjadi Pramugari yang Harus Kalian Persiapkan Sebelum Mendaftar

Pramugari merupakan salah satu pekerjaan yang diidamkan banyak perempuan. Pasalnya kita bisa melakukan pekerjaan sekaligus berpergian di berbagai tempat dengan cuma-cuma.

Tentu saja tidak semua perempuan bisa menjadi pramugari. Banyak perjuangan dan pengorbanan untuk mencapainya. Begitu pun bila ingin mendalami profesi ini.

Untuk kalian yang mungkin masih bingung akan ke mana setelah lulus SMA maupun kuliah nanti, mungkin bisa mencoba peruntungan di bidang pekerjaan ini.

Dan untuk kalian yang memang sudah sejak lama memimpikan untuk menghabiskan waktu sehari-hari di ketinggian, berikut ini ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan.

Berkas Administrasi

Berkas Administrasi Berkas lamaran (solo.in)

Sama seperti pendaftaran universitas atau perusahaan lain, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi calon pramugari. Untuk kalian yang berada di kelas XII SMA, SMK, atau MA bisa menunjukkan ijazah tanda lulus.

Namun bila belum tersedia, hal tersebut masih bisa menyusul. Siapkan juga surat keterangan sehat dari dokter, fotocopy KTP, serta pas foto berwarna dan juga close up.

Tinggi dan Berat Ideal

Tinggi dan Berat Ideal Berat badan ideal (tinggiidealmenjadipramugari.home.blog)

Pekerjaan pramugari pada dasarnya adalah pekerjaan yang berbasis jasa. Jasa yang dimaksud tentu saja pelayanan penumpang di atas pesawat. Untuk itu seorang pramugari harus memiliki penampilan yang menarik sebagai bagian dari pelayanan.

Tetapi banyak yang salah jika menganggap tinggi badan dan berat badan pramugari adalah bagian dari penampilan. Banyak fungsi praktis bagi pramugari ketika mereka memiliki tubuh yang tinggi, kira-kira antara 160 sampai 180 cm.

Untuk mencapai bagasi di atas tempat duduk tentu membutuhkan jangkauan yang tinggi kan? Selain itu pramugari bertubuh langsung memudahkan mereka untuk melewati pintu darurat. Dan yang tak kalah penting pramugari harus bisa duduk di bangku spesialnya tanpa sabuk pengaman.

Merias Wajah dengan Wajar

Merias Wajah dengan Wajar Riasan wajah (youtube.com)

Wajah para pramugari juga bisa selalu terlihat segar meskipun telah terbang berjam-jam. Itu salah satunya dipengaruhi oleh riasan yang digunakan.

Beberapa maskapai menyarankan personelnya untuk memakai make up sedikit tebal dengan warna-warna sedikit mencolok. Pramugari juga harus menjaga kulit agar tidak berjerawat, mengilap, apalagi bersisik.

Pramugari juga tidak diperkenankan memiliki tato apalagi yang jelas terlihat oleh penumpang nantinya. Selain itu, perhatikan gelungan rambut agar selalu terlihat rapi.

Waspadai Keringat, Bau Badan, dan Bau Mulut

Waspadai Keringat, Bau Badan, dan Bau Mulut Tetap wangi (griyagawe.wordpress.com)

Semua maskapai pasti ingin para penumpangnya merasa nyaman dong di dalam kabin. Itulah mengapa semua pramugari dihimbau agar bisa menjaga kenyamanan penumpang dengan menjaga bau badan serta keringat.

Pramugari juga harus menjaga makanan yang ia konsumsi. Karena makanan tertentu bisa mempengaruhi bau mulut seseorang. Tentu akan sangat mengganggu ketika harus berbicara dengan penumpang.

Oleh karena itu bersiaplah untuk selalu memperhatikan setiap detail tampilan kalian sebelum nantinya benar-benar terbang.

Tak hanya Cantik, Pramugari juga Harus Sehat dan Kuat

Tak hanya Cantik, Pramugari juga Harus Sehat dan Kuat Pramugari harus kuat (youtube.com)

Sudah jadi kewajiban bagi seorang pramugari membantu penumpang mengemas barang bawaannya di dalam kabin. Entah itu tas dengan berat berkilo-kilo maupun printilan kecil. Itulah mengapa pramugari harus memiliki fisik yang kuat.

Tak jarang sekolah pramugari memberi tes para calon lulusannya untuk mengangkat beban berat seakan-akan sedang membuka pintu darurat pesawat yang beratnya sampai 20-an kilogram. Karena pramugari juga akan sering melakukan perjalanan jauh, maka hanya mereka dengan sistem kekebalan tubuh kuatlah yang biasanya lolos.

Memiliki Penglihatan Sehat dan Gigi yang Rapi

Memiliki Penglihatan Sehat dan Gigi yang Rapi Mata sehat gigi rapi (lipnerendo.com)

Lagi-lagi soal penampilan fisik, pramugari dan pramugara tidak diperkenankan menggunakan kaca mata maupun lensa kontak. Beberapa maskapai mengaku hal ini agar tidak mengganggu penampilan mereka sehari-hari.

Selain itu gigi seorang pramugari juga harus berjajar dengan rapi, namun tidak masalah jika kalian memiliki gingsul yang mempermanis penampilan. Selama masih menjalani pelatihan, sah-sah saja bagi kalian bila ingin menggunakan behel atau kawat gigi.

Tidak Mudah Panik dan Selalu Ramah pada Penumpang

Tidak Mudah Panik dan Selalu Ramah pada Penumpang Ramah dengan penumpang (sekolahpramugari.co.id)

Di saat penerbangan mengalami gangguan, tugas pramugari adalah menenangkan para penumpang. Kan nggak lucu kalau justru pramugarinya yang panik. Oleh karena itu kalian harus belajar cara mengendalikan diri pada semua situasi.

Selain itu pramugari juga harus selalu bersikap baik pada penumpang. Selalu ada ketika dibutuhkan dan bersikap sopan serta sabar melayani mereka yang mendapat kesulitan selama penerbangan.

Memang menyenangkan menjadi pramugari, tapi juga ada beberapa hal yang harus diingat jika ingin bergabung bersama deretan personel terpilih itu.

Dan untuk melaksanakan sekolah menjadi pramugari, selalu pilih lembaga yang sudah mendapat pengakuan dari dinas pendidikan serta sudah dipercaya oleh masyarakat luas ya. Semoga berhasil!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"