Surat Albert Einstein Laku 41 Miliar dalam 4 Menit, Ternyata Begini Isinya

Surat Albert Einstein Laku 41 Miliar dalam 4 Menit, Ternyata Begini Isinya

"Surat Tuhan," Einstein, yang ia kirim ke filsuf agama Erik Gutkind, diperkirakan bernilai antara $ 1 juta dan $ 1,5 juta di Christie's di New York.

Surat itu malah mencapai jumlah total $ 2.892.500 setelah dilelang selama empat menit antara dua klien di telepon, menetapkan rekor lelang dunia untuk surat Einstein. Akhirnya surat itu laku senila 41 miliar gengs. Harga yang sangat fantastis.

Ilmuwan terkenal Albert Einstein (independent.co.uk)

Surat itu dijual bersama buku-buku dan manuskrip tercetak lainnya, termasuk karya Charles Darwin "On the Origin of Species oleh Sarana Seleksi Alam," yang mencapai $ 162.500. Secara total, pelelangan menarik jumlah gabungan $ 8.318.125.

Sebuah surat yang ditulis oleh Albert Einstein, isinya adalah penentangan dia terhadap konsep agama. Harga surat Tuhan tulisan tangan Einstein memecahkan rekor penjualan di lelang, hampir mencapai $ 2,9 juta.

"Para kolektor di seluruh dunia bersaing sangat ketat, melalui sambungan telepon, untuk pelelangan yang terdiri dari karya agung dan properti berharga untuk pasar," kata Sven Becker, kepala buku dan manuskrip di Christie.

Surat Tuhan Einstein (dailymail.co.uk)

Surat Einstein tahun 1954 yang ditulis dalam bahasa Jerman setahun sebelum kematiannya adalah reaksi terhadap buku 1952 Gutkind, "Choose Life: the Biblical Call to Revolt."

Menurut ulasan di majalah Commentary yang ditulis Emil L. Fackenhei, buku Gutkind menyinggung 'superioritas' bangsa Yahudi. Gutkind mengatakan jiwa orang Yahudi sempurna secara intelektual dan spiritual. Untuk memperkuat klaimnya itu, nama Einstein dicomot sebagai contoh superioritas intelektual orang Yahudi.

Namun, rupanya Einstein tidak senang dan akhirnya menulis surat untuk memaparkan keberatan-keberatannya terhadap klaim Gutkind.

Einstein mengakui kalau ia dan Gutkind memiliki banyak kesamaan berkaitan dengan sikap faktual terhadap kehidupan dan komunitas manusia. Dia lalu membuat sebuah tulisan yang berhubungan denga agama.

"Kata Tuhan bagi saya tidak lebih dari ekspresi dan produk dari kelemahan manusia, Alkitab adalah kumpulan legenda yang terhormat, tetapi masih murni, yang masih sangat kekanak-kanakan," tulis Einstein.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"