Suka Pakai Softlens? Ini Tips Biar Mata Nggak Iritasi!

Suka Pakai Softlens? Ini Tips Biar Mata Nggak Iritasi!

Bagi pemilik mata minus atau rabun jauh pasti pernah, sering, atau sekadar bertanya-tanya tentang bagaimana penggunaan softlens. Nggak cuma menunjang penampilan, menggunakan softlens juga membantu para pemilik rabun jauh untuk tetap bisa tampil kece dan nggak pakai kacamata dengan model yang itu-itu aja.

Namun, berbeda dengan menggunakan kacamata yang lebih simpel, pakai softlens butuh komitmen. Kamu harus selalu mengganti air rendamannya, membersihkannya sebelum memakai, dan menjaga agar matamu tetap lembap. Kamu juga harus ingat kapan kamu harus mengganti softlens-mu dengan yang baru! Itu semua untuk mencegah mata iritasi akibat benda tipis satu ini. Simak yuk, beberapa penjelasannya di bawah ini!

1. Jangan memakai softlens lebih dari 8 jam.

Memakai softlens lebih dari 8 jam akan membuat mata terasa kering dan letih. Bila kamu pemakai softlens untuk kebutuhan kosmetik atau hanya pakai softlens warna untuk mempercantik mata, kamu sebaiknya nggak perlu pakai setiap hari atau terlalu sering. Akan tetapi jika kamu pakai softlens minus, sebaiknya gunakan bergantian dengan kacamata ya! Misalnya, saat di rumah saja kamu bisa pakai kacamata, tapi saat meeting, ke kantor, atau traveling, kamu bisa gunakan softlens.

Ilustrasi Memakai Softlens (Orami)

2. Pilih brand yang terpercaya dengan kadar air yang tinggi.

Sebaiknya jangan asal-asalan dalam membeli softlens, pilih yang brand-nya well-known dan punya kadar air di atas 40%. Biasanya, softlens disposable yang harian, lebih nyaman dibandingkan dengan yang bulanan. Kalau kamu mau pilih yang bulanan karena lebih hemat, pilih yang hanya bertahan 1 bulan dibandingkan yang 3 atau 6 bulan. Kamu akan lebih mudah ingat untuk menggantinya jika softlens tersebut hanya bertahan sebulan. Catat kapan tanggal kamu mulai memakainya, untuk mempermudah kamu membeli softlens selanjutnya. Misalnya, kamu harus membeli softlens baru tiap tanggal 25 setiap bulan.

3. Segera buang softlens yang expired.

Jangan coba-coba menggunakan softlens yang sudah kadaluwarsa! Gunakan softlens sesuai dengan masa berlakunya ya, karena softlens yang expired bisa bikin mata kamu nggak nyaman, kemerahan, dan terasa perih. Hanya karena "malas" atau menunda beli yang baru, kamu malah harus ke dokter mata untuk memeriksakan matamu!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"