Sudah Tahu Belum, Kenapa Lampu dalam Mobil Harus Dimatikan Saat Malam Hari? Ini Penjelasannya

Sudah Tahu Belum, Kenapa Lampu dalam Mobil Harus Dimatikan Saat Malam Hari? Ini Penjelasannya

Pengendara mobil  harus menyalakan lampu mobil di bagian luar ketika berkendara pada malam hari. Namun selama mobil berjalan, lampu di dalam mobil selalu dalam kondisi mati.

Pernah nggak sih kamu penasaran kenapa lampu di dalam mobil harus selalu dimatikan ketika malam hari. Dilansir dari situs Daihatsu, berikut beberapa alasannya.

1. Menyesuaikan Penglihatan di Malam Hari

Pupil mata seseorang akan berubah  ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima. Jika lampu di dalam mobil menyala, pupil mata akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit.

Jika di saat sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan mata dalam melihat akan terganggu. Maka lampu di dalam mobil harus dimatikan agar pupil mata menyesuasikan dengan kondisi cahaya gelap di malam hari di luar mobil.

Lampu Dalam Mobil Dimatikan Saat Malam Hari (Kompas.com)


2. Urusan Privasi

Menjaga privasi pengendara dan beberapa orang di dalam mobil wajib dilakukan dengan mematikan lampu mobil saat berkendara. Misalnya ketika di dalam mobil terdapat barang mewah, maka jika lampu dinyalakan bisa menarik perhatian orang lain untuk melakukan kejahatan, misalnya perampokan atau begal.

3. Hemat Aki Mobil

Lampu di dalam mobil jika menyala selama perjalanan bisa mempengaruhi soal aki mobil sebagai penghasil energi listrik. Maka aki bisa saja akan terkuras habis jika menyalakan lampu kabin mobil dalam jangka waktu yang lama. Hal terburuk yang terjadi jika aki bermasalah adalah mobil mogok di tengah jalan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"