Sudah Tahu Belum, Ini Dia Daftar Profesi Pekerjaan yang Diprediksi Akan Punah

Sudah Tahu Belum, Ini Dia Daftar Profesi Pekerjaan yang Diprediksi Akan Punah

Seseorang setelah selesai menamatkan pendidikan di perguruan tinggi akan mencari pekerjaan  yang cocok dengannya. Banyak orang yang mencari pekerjaan sesuai background yang dimiliki saat kuliah. Tak sedikit orang yang menjalani profesi yang justru tak ada kaitannya dengan saat kuliah dulu.

Sebaiknya mulai diperhatikan sejak sekarang bahwa beberapa profesi diprediksi akan menghilang atau punah seiring perkembangan zaman. BBC pernah membuat laporan pada 2019 silam bahwa aka nada 20 juta pekerjaan manufaktur dunia pada tahun 2030 yang akan dikerjakan oleh robot-robot.

Menurut analisa dari Oxford Economics tersebut, dijelaskan bahwa beberapa pekerjaan yang rentan akan punah terkait dengan ketrampilan rendah, ekonomi lemah, dan tingkat pengangguran lebih tinggi. Kira-kira pekerjaan apa saja yang diramal akan hilang dimakan zaman?

Sudah Tahu Belum, Ini Dia Daftar Profesi Pekerjaan yang Diprediksi Akan Punah (Tempo.co)

1.    Bagian Perakitan atau Pekerja Pabrik

Di banyak negara sudah ada robot yang dikerjakan untuk merakit produk-produk seperti kendaraan dalam sebuah pabrik. Salah satu contoh robot yang bisa merakit kendaraan atau barang-barang di pabrik adalah Baxter dan Sawyer. Untuk melakukan pemograman pada robot pun cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus.

2.    Sopir Bis dan Taksi

Kemajuan industri transportasi online yang pesat di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia memang akhirnya mengorbankan banyak profesi lain salah satunya sopir bus dan taksi. Orang lebih nyaman menggunakan jasa transportasi online dibandingkan naik bus atau taksi. Alhasil sopir bus dan taksi jadi sulit bersaing dengan transportasi online.

3.    Operator Telepon

Di beberapa perusahaan masih ada yang memperkerjakan seseorang sebagai operator telepon. Namun kemajuan teknologi dengan voice recognition yang canggih bisa memangkas profesi seseorang dalam bagian ini. Nantinya perusahaan akan menggunakan teknologi mesin dan bisa menggantikan manusia yang bertugas sebagai operator telepon hingga resepsionis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"