Subhanallah~ Fenomena 5 Planet Sejajar Terjadi di Saat Bulan Ramadhan

Subhanallah~ Fenomena 5 Planet Sejajar Terjadi di Saat Bulan Ramadhan

Akhir Maret 2023 ini, bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H, terjadi sebuah fenomena alam yang menarik. Fenomena ini ditandai dengan posisi 5 planet tata surya yang berada sejajar.

Kejadian unik tersebut disebut dengan 'planetary alignment', sebuah istilah yang menggambarkan berkumpulnya beberapa planet di satu sisi matahari pada waktu yang bersamaan. Ungkapan "parade planet" adalah istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan beberapa planet yang hadir sekaligus, menurut Star Walk Space.

Menurut NASA, fenomena menakjubkan ini terjadi tergantung pada jumlah waktu yang dibutuhkan setiap planet untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi matahari. Karena durasi setiap orbit berbeda per planet, ini menjelaskan mengapa keberpihakan planet jarang terjadi — terutama yang ukurannya lebih besar.

# Planet Apa Saja yang Posisinya Akan Sejajar?

# Planet Apa Saja yang Posisinya Akan Sejajar? Delapan planet di tata surya (medan.tribunnews.com)

Lima planet yang diperkirakan akan sejajar dan terlihat dari Bumi pada akhir Maret tahun ini adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Uranus. Formasi ini sangat langka karena termasuk Uranus, planet ketujuh dari Matahari dan salah satu yang paling sulit dilihat dari Bumi.

Vahé Perroomian, seorang profesor astronomi dan fisika di University of Southern California, mengatakan kepada CBS News bahwa planet-planet muncul bersama di bagian langit yang sama selama orbitnya mengelilingi matahari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"