Stephen Hawking Pernah Bikin Ramalan Semasa Hidupnya, Begini Katanya...

Stephen Hawking Pernah Bikin Ramalan Semasa Hidupnya, Begini Katanya...

Stephen Hawking pernah bikin ramalan semasa hidupnya. Mungkin ketakutan dia terjadi pada beberapa hal. Jadi begini katanya....

Stephen Hawking adalah seorang tokoh fisikawan terkenal dari Cambridge University, Inggris. Ia tutup usia pada Maret 2018 lalu. Semasa hidupnya, tokoh ini tak pernah berhenti mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersulit manusia sekalipun.

Hawking memang genius. Ketertarikannya pada lubang hitam di luar angkasa membuat menarik perhatian banyak orang pada dekade 1970-an. Hidupnya adalah soal sains dan ilmu pengetahuan modern. Hingga akhir hayatnya pula.

Nah, disepanjang hidupnya sebagai akademisi dan tokoh dunia sains, Stephen Hawking yang telah meraih berbagai penghargaan itu pernah membuat ramalan tentang dunia ini. Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Stephen Hawking pernah bikin ramalan semasa hidupnya, begini katanya....

1. Eksplorasi ruang angkasa

1. Eksplorasi ruang angkasa Eksplorasi ke luar angkasa oke kayaknya (indianexpress.com)

Stephen Hawking pernah berpendapat bahwa manusia harus segera menjelajah dan menempati planet atau tata surya lain. Di luar sistem tata surya kita tentunya. Pasti jauh tuh ya.

Hawking berkata dalam sebuah festival sains dan seni di Norwegia pada 2017 lalu. Katanya, persebaran adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri kita sendiri. Hawking meyakini bahwa manusia harus meninggalkan Bumi.

2. Perubahan iklim

2. Perubahan iklim Salju di Arab (stepfeed.com)

Stephen Hawking sendiri khawatir pula soal perubahan iklim. Kekhawatirannya bahkan bertambah setelah terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat tahun 2016 lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC News, Hawking mengatakan bahwa tindakan Trump yang menarik diri dari kesepakatan Paris, bisa mendorong Bumi ke tepi jurang. Bumi bisa berubah menjadi seperti Venus yang bersuhu 250 derajat Celcius, berikut hujan asal sulfat.

3. Soal gen manusia super

3. Soal gen manusia super Superman mungkin ada beneran gengs (bookriot.com)

Dalam buku karangannya yang berjudul Brief Answer to the Big Questions, Hawking meramal bahwa teknik penyuntingan genetika akan melahirkan manusia super.

Manusia super adalah ras makhluk hiudp yang dapat merancang dirinya sendiri untuk meningkatkan kemampuannya. Hmm... kayak Vision bikinan Marvel apa ya? Mungkin~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"