Skor Kemahiran Bahasa Inggris Orang Indonesia Menurun, Peringkat Berapa Sekarang?

Skor Kemahiran Bahasa Inggris Orang Indonesia Menurun, Peringkat Berapa Sekarang?

Kayaknya banyak deh orang-orang Indonesia yang jago bahasa Inggris. Buktinya, banyak tuh yang sering nulis caption menggunakan bahasa Inggris.

Belom lagi, bahasa Indonesia juga sering dicampuradukkan dengan bahasa Inggris dalam obrolan sehari-hari. Itu sering banget, mosok iya orang Indonesia gak jago bahasa Inggris?

Ilustrasi, kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia menurun (freepik.com)

Tapi menurut sebuah laporan, Indonesia mengalami penurunan skor kemahiran bahasa Inggris.

Penurunan skor kemahiran bahasa Inggris ini menurun dari 51,58 menjadi 50,06 gengs. Data ini dilaporkan oleh EF English Proficiency Index (EF EPI). 

Data itu masuk dalam laporan tingkat kemahiran bahasa Inggris orang dewasa di 100 negara dan wilayah dunia tahun 2019 ini gengs. Indonesia berada di peringkat ke-61 dunia.

Di ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke-5 gengs. Berarti Indonesia berada di bawah Singapura (skor 66.82), Filipina (skor 60.04), Malaysia (skor 58.55), dan Vietnam (skor 51.57).

Indonesia kini berada di peringkat 5 ASEAN dan 61 dunia (freepik.com)

Dikutip dari Kompas.com, laporan ini disusun berdasarkan analisis data dari hasil tes bahasa Inggris. Data itu didapat dari 2,3 juta peserta yang berpartisipasi melalui tes online EF Standart English Test.

Executive Director of Academic Affairs & Partnership EF Dr. Minh Tran mengatakan bahwa jumlah peserta tes itu naik 77 persen dibanding tahun lalu.

"Ada delapan negara partisipan baru yakni Bahrain, Pantai Gading, Kenya, Kirgiztan, Maladewa, Nepal, Paraguay, dan Sudan," kata Dr. Minh.

Dari analisis data itu, EF EPI tahun 2019 menunjukkan bahwa skor kecakapan bahasa Inggris di seluruh dunia tetap stabil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"