Skip Challenge Adalah Tantangan Berbahaya, Jangan Pernah Coba

Skip Challenge Adalah Tantangan Berbahaya, Jangan Pernah Coba

Dewasa ini orang-orang kerap melakukan tantangan yang akhirnya menjadi viral di media sosial. Salah satunya adalah skip challenge atau pass out challenge. Tantangan tersebut terkenal bahkan sampai ke beberapa negara.

Tetapi apakah kalian tahu sejarah dan asal-muasal skip challenge ini gengs. Kalau belum silakan baca penjelasannya di bawah ini.

Tapi sekali lagi kita ingatkan, jangan pernah mencoba tantangan ini. Karena skip challenge adalah tantangan yang berbahaya.

1. Berasal dari Inggris

1. Berasal dari Inggris Skip challenge (boombastis.com)

Tantangan skip challenge menurut surat kabar The Independent telah muncul sejak 2005 lalu di Inggris. Awalnya tantangan tersebut diberi nama choking game. Tetapi belum ada yang sadar bahwa tantangan tersebut telah menimbulkan sejumlah kematian.

Dalam tantangan ini seseorang harus ditekan dadanya sekeras mungkin selama beberapa waktu. Akibat tekanan itu suplai oksigen ke otak berkurang. Hal ini memberikan efek skip atau sang korban kehilangan kesadaran. Yang berbahaya adalah saat tekanan tersebut terlalu lama hingga berujung kematian. 

Salah satu korban meninggal adalah Karnel Haughton asal Birmingham, pada 1 Juni 2016 lalu. Pihak keluarga mengklaim Karnel meninggal karena sesak napas, dan mereka percaya bahwa sang anak telah melakukan choking game. Meskipun ada yang mengatakan kalau Karnel sengaja berusaha untuk bunuh diri.

2. Viral karena internet

2. Viral karena internet Choking Game (boombastis.com)

Permainan choking game akhirnya menjadi viral di internet sama seperti "ice bucket challenge" dan tantangan lainnya. Sejak itu ia berubah menjadi "skip challenge". Yang internet lakukan salah satunya adalah melegalkan perilaku-perilaku tak aman dan tak sehat," ujar Psikolog asal Inggris Emma Citron.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"