Simbol Pancasila dan Maknanya yang Wajib Kamu Tahu

Simbol Pancasila dan Maknanya yang Wajib Kamu Tahu

Simbol Pancasila dan maknanya terdapat dalam burung garuda. Burung garuda merupakan lambang negara kita. Kamu pasti pernah melihat atau bahkan mengamati lambang-lambang yang ada dalam burung garuda kan?

Kalo iya, tentu kamu akan ingat tentang lambang. Lambang ini memiliki arti masing-masing sesuai dalam sila Pancasila lho. Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara kita. Di dalam Pancasila ada lima sila yang menjadi dasar untuk hidup berbangsa dan bernegara, untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Pancasila terletak di perisai dada burung Garuda, yaitu ada bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Untuk lebih detailnya lagi, berikut ulasan dari masing-masing simbol tersebut:

1. Bintang

1. Bintang Lambang bintang (zonareferensi.com)

Simbol Pancasila dan maknanya yang pertama adalah bintang. Bintang merupakan lambang dari sila pertama Pancasila. Bintang yang berwarna emas dan berperisai hitam ini, malambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang yang berwarna emas dimaknakan sebagai cahaya kerohanian untuk semua manusia. Warna hitam sendiri diartikan sebagai alam atau warna asli, dimana menunjukan kalo Tuhan adalah sumber dari segala sumber yang ada di dunia ini.

2. Rantai

2. Rantai Lambang rantai (maxmanroe.com)

Simbol Pancasila dan maknanya yang kedua adalah rantai. Rantai adalah makna dari sila yang kedua, yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Kenapa harus rantai? Karena rantai disusun dari gelang-gelang yang kecil, hal ini memiliki makna bahwa hubungan antara manusia satu dengan lainnya harus saling membantu.

Mata rantai yang berbentuk segi empat sendiri melambangkan laki-laki, sedangkan yang lingkaran adalah perempuan.

3. Pohon beringin

3. Pohon beringin Pohon beringin (markijar.com)

Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin. Sila ini berbunyi Persatuan Indonesia.

Pohon yang memiliki akar tunggal panjang yang menopang pohon besar dengan daun yang lebat ini tumbuh. Akar yang tumbuh hingga ke bawah ini menggambarkan sebuah kesatuan dan persatuan Indonesia.

Pohon ini juga mempunyai akar yang menjalar, hal ini bermakna sebagai negara kesatuan yang punya latar belakang budaya yang beragam.

4. Banteng

4. Banteng Lambang banteng (zonareferensi.com)

Banteng adalah lambang dari sila keempat yang berbunyi Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan.

Mengapa dalam simbol Pancasila dan maknanya di sila ini banteng? Karena banteng adalah hewan sosial yang senang berkumpul. Ini menggambarkan bermusyawarah, berdiskusi dan berkumpul.

5. Padi dan kapas

5. Padi dan kapas Lambang padi dan kapas (markijar.com)

Sila kelima adalah padi dan kapas, sila kelima berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 

Padi dan kapas bermakna sandang dan pangan, dimana sandang dan pangan adalah kebutuhan pokok bagi semua rakyat Indonesia. 

Demikianlah simbol Pancasila dan maknanya yang wajib banget kamu tahu. Tak cukup hanya menghafal kelima sila Pancasila aja lho gengs, tahu dan mendalami maknanya juga penting.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"